Jelang Pelaksanaan STQ, DLH dan Kwarcab Pramuka Kota Tikep Gelar Bakti Bersama

Editor: Admin author photo
Bakti bersama yang dilakukan DLH dan Kwarcab Kota Tidore Kepulauan

TIDORE- Gelar bakti bersama jelang pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Tingkat Nasional XXVI Tahun 2021 yang diselenggarakan di Sofifi Oktober mendatang. 

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bekerja sama dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Tidore Kepulauan melakukan pembersihan sampah plastik yang menumpuk di areal pelabuhan speedboat sofifi, tepatnya diatas breakwater.

Menurut Kepala DLH Kota Tikep, Muhammad Sjarif bahwa kerja sama ini merupakan langkah untuk mendukung penyelenggaraan STQ, karena pelabuhan yang merupakan pintu masuk bagi tamu-tamu STQ sehingga menjadi sasaran utama untuk dilakukan pembersihan. 

“ Sampah plastik yang diangkut ini, nantinya akan dibuang ke TPS di Guraping. Jadi hari ini kami dan Kwarcab Pramuka Kota Tikep fokus melakukan kegiatan pembersihan di pelabuhan,” tutur Muhammad Sjarif saat ditemui media ini di lokasi kegiatan, Selasa (28/9/2021).

Sementara sampah-sampah plastik yang diangkut itu. Nantinya akan dimuat dengan menggunakan dam truk milik DLH Provinsi Maluku Utara. Selanjutnya  dibawa ke TPS yang berada di Kelurahan Guraping Kecamatan Oba Utara. “ Untuk fasilitas pengangkut sampah ini kami juga lakukan kerja sama dengan DLH Malut,” pungkasnya. 

Dia menambahkan, bila pembersihan sampah nantinya juga akan dilanjutkan oleh SKPD-SKPD dilingkup Pemkot Kota Tidore Kepulauan sebagaimana tindaklanjut dari pertemuan bersama antara Walikota, Wakil Walikota dan Panitia STQ Provinsi Maluku Utara berapa hari lalu yang berpusat di Kantor Camat Oba Utara. 

"Untuk tempat-tempat pembersihan ini nantinya akan dilakukan pembagian tempat, jadi setiap SKPD yang datang itu mereka sudah tahu lokasi pembersihannya. Selain SKPD pembersihan ini juga akan dilakukan oleh TP. PKK Kota Tikep, pada Sabtu, Oktober 2021," jelasnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Kwarcab Pramuka Kota Tikep, Muhammad Abubakar bahwa dalam rangka mensukseskan pelaksanaan STQ Tingkat Nasional di Provinsi Maluku Utara ini. Pramuka Kota Tikep juga mendukung sepenuh demi kelancaran kegiatan tersebut, tambahnya. (dar/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini