Pemkot Tikep Bakal Siapkan Bank di Sofifi untuk Pencariaran DD dan ADD Wilayah Oba

Editor: Admin author photo

Muhammad Sinen saat di wawancarai (dok.aidar)

TIDORE - Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen mengaku, banyak menemukan persoalan atas pelayanan terhadap masyarakat terutama mengenai proses pencairan Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) yang kerap menyita waktu bagi Pemerintah Desa. 


Hal tersebut diketahui, setelah orang nomor dua di Tikep ini,melakukan pertemuan bersama para Kepala Desa di daratan oba belum pada beberapa waktu lalu.

"Hal ini tentu berdampak terhadap lambatnya pelaksanaan program di tingkat desa," ujar Muhammad Sinen, saat ditemui sejumlah wartawan, Selasa (7/9/2021).
 Atas dasar itu, kata Sinen, dalam waktu dekat pihkanya akan menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut dengan Walikota dan Sekda guna membicarakan terkait dengan pengalihan proses pencairan DD maupun ADD untuk 43 Desa di Daratan Oba ke salah satu Bank yang ada di Sofifi.

"Selama inikan semua pelayanan mengenai pencaiaran Dana Desa itu terpusat di Tidore, padahal di daratan Oba, khususnya di Sofifi juga ada Bank yang bisa menangani soal ini. Jadi kedepan kita akan memperpendek rentan kendali, dengan mengalihkan proses pencairan soal ADD maupun DD, untuk di tangani oleh salah satu Bank yang ada di sofifi," tuturnya.

Tujuan daripada pengalihan proses pencairan ADD maupun DD ini, sambung Wawali agar setiap pengurusan menyangkut dengan masalah anggaran, pihak Pemerintah Desa yang ada di Daratan Oba sudah tidak perlu membuang waktu untuk harus ke Tidore, yang tentu memakan biaya cukup besar karena harus menyebrang lautan. 

"Langkah ini merupakan bagian dari mengefektifkan kinerja Pemerintah Desa serta membuat efisiensi anggaran, jadi kedepan mereka sudah tidak perlu beralasan untuk mengurusi masalah pencairan dengan waktu berhari-hari di Tidore," tandasnya. (aidar/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini