Pentingnya Kebudayaan Daerah sebagai Jatidiri Bangsa

Editor: Admin author photo

 

Narasumber: Ketua Tim PKM Hudan Irsyadi. 
TERNATE-Pesatnya perkembangan informasi dan teknologi di era digitalisasi ini, mengantarkan dua dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unkhair untuk menggalakkan cinta terhadap kebudayaan daerah dengan melakukan sosialisasi. 

Hal ini terlihat dari gelaran pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilaksanakan di SMA Negeri 8 Kota Ternate, Selasa 31 september 2021. 

Maksud dari sosialisasi kepada anak SMA ini, dikarenakan mereka dalam usia remaja yang sangat rentan dengan pengaruh-pengaruh budaya luar (donor). 

Perlu diketahui bahwa kebudayaan daerah adalah cikal bakal dari kebudayaan nasional, yang sejatinya harus diketahui dan dipelajari oleh anak-anak usia remaja.

Dalam kegiatan sosialisasi, dua dosen FIB yang melaksanakan kegiatan tersebut adalah Hudan Irsyadi, M.A dan Dr. Farida Maricar, M.Hum. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 11.00 wit sampai pukul 13.00, dengan jumlah siswa yang ikut sebanyak 60 orang. 

Antusiasme siswa ini setidaknya menjadi catatan penting, bahwa masih banyak siswa yang ingin mengetahui kebudayaan daerahnya. Bertindak sebagai narasumber, adalah Ketua Tim PKM Hudan Irsyadi. 

Dalam penyampaiannya, Hudan banyak menyentil terkait permainan tradisional yang dewasa ini telah tergerus oleh perminan-permainan dari produk digital (game online). Permainan tradisional itu tanpa sadar mengajarkan kita beriteraksi atas hakikat sebagai mahluk sosial. 

Hal tersebut dikarenakan, ia tidak bias dimainkan secara individual. Hudan menambahkan, melalui permainan tradisional, banyak nilai yang akan didapatkan. 

Sosialisasi Kebudayaan Daerah oleh dua dosen FIB Unkhair di SMA Negeri 8 Kota Ternate, ditutup oleh wakil kepala sekolah bagian hubungan masyarakat, Ibu Fauziah Fatmona, S.Pd. (red-tim) 


Share:
Komentar

Berita Terkini