Perkuat Sinergitas Kepsek, Kadikbud Malut Lantik Pengurus MKKS SMA dan SMK Halbar

Editor: Admin author photo
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara, Drs. Imam Makhdy Hassan menyerahkan SK pengurus MKKS SMA dan SMK Kabupaten Halmahera Barat Periode 2021-2024

HALBAR- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara, Drs. Imam Makhdy Hassan, secara resmi melantik  pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA dan SMK Kabupaten Halmahera Barat Periode 2021-2024, ini merupakan Kabupaten/Kota ketujuh pelantikan MKKS SMA dan SMK di Provinsi Maluku Utara. Selanjutnya Kadikbud diagendakan akan melantik MKKS SMA dan SMK Kabupaten Halmahera Selatan. 

Dalam sambutannya, Imam Makhdy Hassan mengungkapkan bahwa sejak dilantik dirinya telah memprogramkan untuk memperkuat sinergitas kepala sekolah dan guru untuk saling berkomunikasi, belajar dan bertukar pikiran serta pengalaman antar kepala sekolah. MKKS  di Kabupaten/Kota diharapkan bisa menjadi ujung tombak dalam meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Maluku Utara. 

Di samping itu, pergeseran fungsi dan peran kepala sekolah dalam mengelola sekolah menuntut adanya kepala sekolah yang aktif, kreatif dan inovatif sehingga kepala sekolah tidak melakukan kebijakan-kebijakan yang bersifat sentralistik saja tetapi bergerak ke desentralistik dan mengembangkan manajemen partisipatif. Ditambah lagi, “kepala sekolah juga tidak lagi bekerja secara individual tetapi bekerja secara team work,” kata Imam Makhdy. 

Kegiatan pelantikan pengurus MKKS SMA/SMK Halmahera Barat yang dihadiri Sekretaris Daerah Halbar, Syahril Abdul Rajak. (Foto/Asep)

Apalagi saat ini kita sedang dihadapkan pada pembelajaran di masa pandemi covid-19, jadi peran kepala sekolah dan guru dalam proses pembelajaran sangatlah penting dalam memacu semangat belajar siswa. Kita juga harus berkomitmen dalam memajukan mutu pendidikan di daerah ini menuju Indonesia  Tangguh, Indonesia Tumbuh dan Maluku Utara cerdas 2024,” ungkap Imam Makhdy mengakhiri sambutannya.  

Untuk mempercepat peningkatan mutu pendidikan di Provinsi Maluku Utara, Kadikbud Drs. Imam Makhdy Hassan telah melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal, 

Direktur Pembinaan SMK, Direktur Pembinaan SMA dan Direktur Pembinaan PMPK, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, bertempat di kantor Kemendikbudristek RI di Jakarta, pada 2 September lalu. 

Dalam pertemuan tersebut Kadikbud Imam Makhdy Hassan membahas terkait program bantuan rehabilitasi ruang belajar, pemenuhan sarana dan prasarana melalui program DAK dengan sistem ketuntasan, percepatan program revitalisasi SMK sesuai Inpres Nomor 9 Tahun 2016 tentang SMK Pusat Keunggulan, pemanfaatan dana BOS dan pelimpahan kewenangan bagi Sekolah Khusus Olahraga (SKO) dimana menjadi kewenangan daerah dan tanggung jawab organisasi perangkat daerah terkait. Hal ini diungkapkan Imam Makhdy Hassan usai pelantikan MKKS Kabupaten Halmahera Barat, yang dihadiri Forkompimda Kabupaten Halbar, Kepala Cabang Dinas, dan jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara. di Aula Kantor Bupati Halmahera Barat, Rabu 15 September 2021. (Tim/red)


Share:
Komentar

Berita Terkini