Petani Cantik di Modoinding, Ponakan Bupati Mitra

Editor: Admin author photo
Nadia Sumendap, Petani Cantik asal Modoinding (Foto/Ichan)

MINSEL- Belum banyak yang tahu, jika di Modoinding sebagai salah satu sentra produksi hortikulura tebesar di Indonesia Timur. 

Namun perkampungan di ketinggian 1.600 DPL ini, sebagian besar petaninya didominasi wanita cantik. Apalagi yang muda. Nadia Sumendap, wanita cantik yang satu ini misalnya. Dia adalah keponakan dari Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap. Tak ada kata gensi untuk bertani, tak ada pula istilah memanfaatkan keluarga pejabat menjadi jembatan pekerjaan. Di Modoinding murni bertani sebagai ciri khas masyarakat setempat.

"Buat apa gensi, bertani kan pekerjaan halal dan menguntungkan," ujar wanita berlesung pipi ini saat ditemui di kebun kentangnya, Jumat (10/9).

Dirinya mengatakan bahwa aktifitas yang ia lakoni sebagai petani ini, sedari usia belasaan tahun. 

"Orang tua saya petani, dari kecil saya terbiasa hidup dikalangan petani. maka kebiasaan ini pun menular sampai saat ini," tambahnya.

Modoinding sendiri adalah satu dari 17 kecamatan di Kabupaten Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara-Indonesia.

Sebuah kecamatan yang berada di Selatan Minahasa. terletak pada posisi geografis 0º 45'0” - 0º 50'0” Lintang utara dan 124º 25'0” - 124º 30'0” Bujur Timur.

Kecamatan Modoinding terkenal dengan suhu udara yang sangat dingin mencapai 12°C. Tak heran jika penduduknya mayoritas berkulit terang.

Banyak hal menarik akan kita dapati di Modoinding, selain orang-orangnya yang ramah. Kita akan mendapati begitu banyak tanaman hortikultura sepanjang area perkebunan di sana. Daerah perkebunan hortikultura pun tak jauh jaraknya dengan pemukiman warga. Bahkan di setiap pekarangan rumah warga disana semua ditanami tanaman hortikultura. (Tim)

Share:
Komentar

Berita Terkini