RSUD Weda Diminta Transparan Kelola Anggaran COVID-19

Editor: Admin author photo
Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Weda. (Foto/Ist)

WEDA- Diduga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Weda terkesan menutupi realisasi anggaran penanganan COVID-19. 

Sementara pagu anggaran pengadaan fisik penanganan COVID-19 sebesar Rp. 23 miliar. 

Untuk realisasi atau yang terpakai hingga saat ini sebesar Rp. 1 miliar. Hal itu disampaikan Kasi Intel Kejari Weda, Gerald Sahuteru, ketika dikonfirmasi nusantaratimur.com, Kamis (2/9/2021).

Dikatakan Gerald, anggaran penanganan fisik untuk COVID-19 yang di RSUD Weda sebesar Rp. 23 miliar, tetapi pengadaan fisik anggaran COVID-19 tidak pernah dilaporkan. 

“ Padahal kami suda menyurat resmi untuk meminta dokumentasi fisik untuk pengadaan tabung gas dan obat-obatan, tapi sampai sekarang dari pihak RSUD Weda tidak mau memberikan dokumen tersebut,” ujar Gerald.

Lanjut Gerald, pihaknya meminta RSUD Weda agar transparan mengelola anggaran COVID-19, karena anggaran ini diperuntukkan bagi penanganan COVID-19.

Tak hanya itu, pihak RSUD Weda tak pernah merespon surat dari Kejari terkait dengan permintaan data realisasi anggaran penanganan COVID-19.

“ Kami meminta laporan pertanggungjawaban untuk dana COVID-19, itu dalam rangka untuk mengetahui berapa sisa anggaran Covid 19 yang terpakai, tapi sampai saat ini tidak di respon,” kesalnya.

Terpisah, pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Halmahera Tengah, Lutfi Djafar ketika dihubungi wartawan media ini. Ia  mengaku hingga saat ini dirinya tidak mengetahui realisasi anggaran COVID-19. Karena anggaran COVID-19 sesuai refocusing sebesar Rp. 32 miliar yang sementara dalam proses pengajuan pemanfaatan. 

“ Untuk RSUD Weda belum di ketahui dengan pasti, berapa anggaran COVID-19 dan sudah sejauh mana prosesnya,” kata Lutfi.

Sementara Direktur RSUD Weda, dr. Selvia D Denggo ketika di konfirmasi media ini tidak mau memberikan keterangan mengenai anggaran fisik penanganan COVID-18.

“ Nanti datang di rumah sakit,” Singkat Selvia. (Dir/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini