Babinsa Koramil 1509-01/Bacan Hadiri Penyuluhan tentang Peran PIKR

Editor: Admin author photo
Siswa Madrasyah Aliyah Alkhairat Bibinoi saat mengikuti penyuluhan PIKR. (Foto/Adi)

HALSEL- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Halmahera Selatan terus berupaya melakukan sosialisasi dan pembinaan program generasi muda dari berbagai lini mulai dari sekolah, lingkungan masyarakat hingga organisasi kepemudaan.

Sosialisasi kali BKKN Halsel melalui Koordinator PLKB wilayah Kecamatan Bacan Timur Tengah mendatangi sekolah MA Alkhairat Bibinoi dalam rangka pembinaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIKR), ungkap Alfonsina Cornelis kepada wartawan,    Rabu (20/10/2021).

Menurut Alfonsina, kenapa kegiatan tersebut dilaksanakan disini, karena disini belum  dibentuk kelompok PIK remaja dan pada hari ini kita berikan sosialisasi PIK Remaja di MA. Alkhairat Bibinoi bersama mitra di kecamatan.

“Tujuan kegiatan ini dalam rangka memberikan pengetahuan dan wawasan pada remaja mengenai pentingnya pendewasaan usia perkawinan dan pentingnya menjauhi narkoba, seks pranikah jadi itu disingkat dengan Triad KRR,” kata Alfonsina.

Setelah kegiatan ini dilaksanakan, jelas Alfonsina, nantinya akan ada tindak lanjut yaitu pembentukan kelompok PIK Remaja itu sendiri yang akan dibentuk oleh penyuluh Keluarga Berencana (KB).

“ Untuk targetnya yang ingin di capai dari kegiatan ini adalah pembekalan dan pembentukan PIK Remaja tidak hanya di MA. AlKhairat bibinoi saja, tetapi nanti akan dibentuk di beberapa sekolah negeri di kecamatan. Bahkan kalau perlu di seluruh SMA di Halsel dan juga  diluar daerah Kota Labuha juga ada kita bentuk PIK Remaja,” terangnya.

Selaku Babinsa di kecamatan bacan timur tengah desa bibinoi Praka Ferry Karamoy mengatakan, kegiatan yang di selenggarakan BKKBN halsel sangat positif buat para pelajar Karena diantaranya agar terhindar dari perbuatan hal negatif pergaulan bebas dan pergaulan di luar nikah.

“Agar mereka tahu bagaimana menghindari pergaulan bebas. Karena menghindari pergaulan bebas merupakan suatu mahkota buat masa depan. Kalau sudah terjerumus ke hal negatif akan rusak masa depan anak-anak tersebut,” ungkap Praka Ferry karamoy.

Selain itu, para santri antusias bertanya dalam penyuluhan tersebut dan juga mengucapkan terima kasih kepada BKKBN, karena telah menyelenggarakan kegiatan ini.

“ Kegiatan seperti ini baru pertama kali di sekolah kami MA. Alkhairat bibinoi  alhamdulillah para santri sangat serius mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 30 santri wanita dari kelas sebelas dan dua belas serta siswa diberikan pengetahuan agar menjauhi pergaulan bebas, jangan nikah di usia dini dan seks pranikah.

Ikut dalam kegiatan antara lain Kepala KUA Kecamatan bacan timur tengah Zulkifli. SH, Kapolsek Bacan timur IPDA Aslimudin, Kepsek MA. Rusdi mubarun SH.i,KTU UPTD Puskesmas bibinoi Selfiana Rahayu And. Keb,"tutupnya (Adi).

Share:
Komentar

Berita Terkini