FIB Unkhair Hadirkan Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra Di Seminar Nasional

Editor: Admin author photo
Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra, M.Hum, (guru besar ilmu Sejarah FIB Unpad).


Ternate, NT- Program Studi Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unkhair pada Rabu, (13/10/21, menyelenggarakan seminar Nasional sejarah, bertempat di aula FIB Unkhair. Hal ini disampaikan oleh Ketua panitia seminar nasional sejarah, Mustafa Mansur, bahwa kegiatan ini mengangkat tema tentang "Sumber Visual sebagai media rekonstruksi sejarah".

"tema ini lagi trend karena di zaman era 4.0 ini, orang mulai jenuh dengan membaca buku, apalagi buku yang mengulas bahasa asing, mengulas masa lalu, dll," ungkapnya. 

Lanjut Mustafa mengatakan melalui visual/gambar, merupakan tema yang populer untuk memvisualisasikan gagasan atau informasi lainnya. 

"pada umumnya, visual dibuat untuk membuat film film cerita, dalam kaitannya dengan visual dalam sejarah difokuskan pada visualisasi cerita atau peristiwa - peristiwa masa silam, sehingga publik tidak jenuh," terannya. 

Bagi dia konsep visual berfungsi sebagai media untuk mengkomunikasikan gagasan atau konsep dalam bentuk dalam format digital.

"bentuk konsep visual biasa kita temukan berupa cerita film, video, bisa dimuat d YouTube dll, peran konsep visual ini sangat membantu memperjelas pemahaman penerima informasi dalam hal ini mahasiswa atau publik," jelanya. 

Sementara itu, menurut sekretaris panitia Rusli M. Said, bahwa Narasumber yang di undang adalah Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra, M.Hum, (guru besar ilmu Sejarah FIB Unpad).

"Prof. Reiza ini Pakar Visual Sejarah pertama di Indonesia, beliau diangkat Prof, karena kepakaran beliau di bidang Visual Sejarah, jadi tema yang diangkat cocok dengan beliau, undangan seminar nasional sejarah sejarah ini melibatkan mahasiswa prodi Ilmu Sejarah, Mahasiswa FIB, guru Sejarah di SMA/SMK dan kampus dari STKIP dan IAIN," sebutnya. 

Sementara menurut Ketua Prodi Ilmu Sejarah FIB Unkhair, Jainul Yusup, bahwa acara seminar nasional ini akan dibuka langsung oleh Rektor Unkhair Dr. M.Ridha Ajam,M.Hum, 

"Acara seminar nasional ini sangat bermanfaat bagi kita semua karena ini menjadi Ilmu pengetahuan baru di bidang Ilmu Sejarah, Ilmu Budaya, dan Ilmu Ilmu sosial lainnya," pungkasnya. (Red-tim) 

Share:
Komentar

Berita Terkini