Komunitas GPS Gelar Kegiatan Sula Kreatif 2021

Editor: Admin author photo
Foto bersama Komunitas GPS Sula (foto/Suhardi)

SANANA- Komunitas Gerakan Pendidikan Sula (GPS) perdana menggelorakan Sula Kreatif 2021 dengan tema “ Semangat 93 Tahun Sumpah Pemuda, Tumbuhkan Jiwa Muda yang Cerdas, Berbudaya dan Kreatif,” yang dilaksanakan di Taman Wansosa, Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula. Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah, Muhlis Soamole, pada Sabtu (30/10).

Kepada nusantaratimur.com, Ketua Panitia, Alfarabi Umaternate mengatakan, kegiatan Sula Kreatif 2021 yang diselenggarakan oleh Komunitas GPS ini merupakan bentuk kepedulian terhadap pendidikan di Sula.

Abi sapaan karib Alfrabi ini menceritakan, berawal dari baku dapa (temui) akbar pendidikan, dan di situlah lahirlah Komunitas GPS.

"Dalam baku dapa itu, kita sepakati untuk mencoba laksanakan salah satu kegiatan perdana di akhir tahun. Dan atas dasar gagasan dan ide dari teman-teman GPS, ya kita bikin kegiatan dengan nama Sula Kreatif," Sambungnya.

Diutarakannya, dalam kegiatan Sula Kreatif ini terdiri beberapa lomba, dan diantaranya lomba Puisi, lomba Tari dan Cerdas Cermat.

"Jadi, kegiatan melibatkan anak-anak sekolah SD, SMP dan SMA hingga juga Umum," ungkapnya.

Lebih jauh, menurutnya, ruang pendidikan ini bukan saja di Sekolah. Namun kata Abi, ada juga ruang formal di luar sekolah, agar anak-anak bisa bebas berkarya dan berekspresi.

"Salah satunya dalam kegiatan ini, kita bikin tentang pendidikan kebudayaan," jelas Abi.

Abi menyebut, tujuan dari kegiatan ini akibat dari kesenian daerah Sula ini sudah lama vakum kurang lebih dua tahun terakhir.

"Kegiatan kesenian daerah Sula sudah tidak ada. Jadi GPS hadir untuk memberikan ruang kepada ade-ade kita untuk berekspresi," katanya.

"Ini baru kegiatan awal kita, Insya Allah kedepan GPS hadir lagi untuk kegiatan-kegiatan lain," tambahnya. (di/red)


Share:
Komentar

Berita Terkini