Pemda Halsel Diminta Ganti Nama Puskesmas Gandasuli

Editor: Admin author photo
Kantor Puskesmas Gandasuli

HALSEL- Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) diminta ganti nama Puskesmas Gandasuli menjadi Puskesmas Bacan Selatan atau Puskesmas Mandaong. Hal itu diungkapkan Kepala Desa Tuwokono, Nursanty Awal, Senin (4/10/2021).

“ Ini soal domisili puskesmas, semestinya nomenklatur sudah diubah, jangan pakai lagi nama puskesmas gandasuli. Tetapi pakai nama puskesmas bacan selatan atau pakai nama puskesmas mandaong, karena ibu kota kecamatan bacan selatan itu Mandaong, bukan Gandasuli,” kata Nursanty.

Untuk itu, kata Kades Tuwokona, pihaknya meminta Pemda dalam hal ini Dinas Kesehatan Halsel segera merubah nomenklatur Puskesmas Gandasuli  agar supaya di akui. Contoh seperti puskesmas kecamatan labuha berada di tomori, karena tomori itu ibu kota kecamatan labuha.

“ Ini satu masukan untuk Pemda. Mengingat, kedudukan atau tempat wilayah kerja puskesmas tersebut berada di Desa tuwokona, bukan berada di desa gandasuli. Ini yang harus disikapi Dinkes dan DPRD Halsel,” tukasnya.

Dikatakan Nursanty, pada saat masyarakat meminta dikeluarnya surat keterangan domisili puskesmas, bukannya Pemdes Tuwokona keberatan, tetapi harusnya diubah dulu nomenklaturnya. 

“ Masyarakat dan Pemdes Tuwokona meminta Bupati Halsel segera memanggil Kadis Kesehatan agar supaya membijaki dan menduduki  Puskesmas Kecamatan Bacan Selatan terkait nomenklatur, sehingga puskesmas PINnya domisili yang jelas,” tutupnya. (adi/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini