Siswa SMP di Halmahera Tengah Ikut Asesmen Nasional

Editor: Admin author photo
Kadis Pendidikan Halteng, Ridwan Saliden saat memantau pelaksanaan Asesmen Nasional. (Foto/Takdir)

WEDA- Sejumlah siswa sekolah tingkat pertama (SMP) di Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara, mulai mengikuti Asesmen Nasional yang di mulai pada 4-7 Oktober 2021 mendatang. 

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Tengah, Ridwan Saliden menyampaikan bahwa asesmen nasional ini untuk menggantikan penyelenggaraan ujian satuan pendidikan dan ujian nasional.

Dikatakan Ridwan Saliden, asesmen nasional ini di bagi menjadi dua, yaitu asesmen siswa dan asesmen lingkungan sekolah. Nah, untuk  asesmen siswa itu di ambil dari siswa kelas VIII, sedangkan asesmen lingkungan sekolah itu khusus seluruh guru

"Jadi asesmen nasional itu sebagai pengganti ujian nasional sesuai Permendikbudristek 17 tahun 2021 tentang Asesmen Nasional ini menggantikan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 43 tahun 2019 tentang penyelenggaraan ujian yang diselenggarakan satuan pendidikan dan ujian nasional,” jelas Ridwan.

Asesmen nasional ini juga di ikuti  oleh siswa Sekolah Dasar (SD) kelas V, tapi pelaksanaan untuk asesmen sekolah dasar di mulai pada 12 November 2021, tambah Ridwan.

Sementara untuk pelaksanaan asesmen ini diadakan di seluruh sekolah SMP dan SD yang ada di Kabupaten Halmahera Tengah. 

“ Untuk pelaksanaan kegiatan asesmen ini berjalan aman dan terkendali sampai saat ini,” ucap Ridwan.

Tujuan Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. 

“ Penilaiannya berdasarkan hasil belajar siswa yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran,” tutupnya. 

Penulis : Takdir Talib

Editor   : Redaksi


Share:
Komentar

Berita Terkini