Tingkat Minat Baca, SMA Tamansiswa Haltim Kunjungi Perpus Malut

Editor: Admin author photo

 

Siswa SMA Tamansiswa Kabupaten Halmahera Timur. (Foto/Aidar)

SOFIFI- Untuk mencerdaskan siswa lewat gerakan literasi sekolah, sejumlah siswa SMA Tamansiswa Kabupaten Halmahera Timur kunjungi di Perpustakaan Provinsi Maluku Utara, pada Sinen (18/10/2021).

Dalam kunjungan ini dipimpin langsung oleh koordinator rombongan, yakni Arif Yakub dan 4 dewan guru beserta 30 siswa/siswi perwakilan dari kelas X sampai kelas XII.

SMA Tamansiswa Halmahera Timur yang berlokasi di Desa Tabanalow, Kecamatan Wasile Selatan dengan semangat melintasi tapal batas melewati Kabupaten Halmahera Barat dan Kota Tidore Kepulauan ini menuju Perpustakaan Daerah Provinsi Maluku Utara di Sofifi.

Menurut  Koordinator Rombongan Arif Yakub kepada wartawan media ini melalui via WhatsApp mengatakan, kunjungan literasi ini dengan tujuan menumbuhkan minat baca siswa agar memahami teks secara analitis, kritis dan reflektif di era global ini. 

Selain itu, literasi siswa ini adalah program SMA Tamansiswa Haltim yang dikemas dalam agenda per semester.

“ Untuk kegiatan literasi ini merangsang siswa untuk bergiat lagi dalam literasi, semoga kegiatan ini menjadi rutinitas dalam satu semester,” kata Arif.

Sementara Kepala SMA Tamansiswa Haltim, Rusli Samud menyampaikan bahwa apresiasi semangat guru dan siswa dalam kegiatan literasi. “ Semoga menginspirasi siswa agar meningkatkan prestasi  belajar,” singkatnya.

Sementara, Sekretaris HIMPKA Tamansiswa Maluku Utara, Sofyan Barakati mengatakan, gerakan literasi sekolah (GLS) adalah program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang Kemendikbudristek), tujuannya adalah menumbuhkan minat baca siswa, dimana era digitalisasi ini IT sudah menguasai semua lini kehidupan termaksud di ranah pendidikan sehingga minat baca siswa menurun alias dibawah rata-rata sehingga pelajar di era sekarang tidak mampu bersaing secara kanca nasional maupun global. 

“ Karena minimnya minat baca siswa di lingkungan sekitar maupun di sekolah. Maka terobosan pihak sekolah melaksanakan kegiatan kunjungan Perpustakaan guna mendorong semangat siswa dalam kegiatan literasi,” tutupnya. (Aidar/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini