Bersama Relawan Anti Narkoba, Perpustakaan Desa Yayasan Sukses gelar Dialog Publik

Editor: Admin author photo
Desa Yayasan, 17 November 2021 lalu bersama relawan anti narkoba desa yayasan dan perpustakaan desa yayasan baru-baru ini mengelar dialog publik dengan tema "Peran dan Strategi Lembaga Negara Dalam Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba Di Kab.Pulau Morotai.

Morotai - Desa Yayasan, 17 November 2021 lalu bersama relawan anti narkoba desa yayasan dan perpustakaan desa yayasan baru-baru ini mengelar dialog publik dengan tema "Peran dan Strategi Lembaga Negara Dalam Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba Di Kab.Pulau Morotai.

Turut hadir, Danlanal pulau morotai, perwakilan Kejari pulau morotai, Kesbangpol pulau morotai, BNNK Pulau Morotai yang menjadi para narasumber. Juga, pemerintah dan seluruh belasan warga desa Yayasan serta tamu undangan dari Dinas  Perpustakaan Dan Kearsipan Kab.Pulau Morotai, pengurus dan anggota HMI, IMM serta beberapa mahasiswa Universitas Pasifik Morotai.

Dalam pelaksanaan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) ini menurut Danlanal Morotai bahwa 'pihaknya terus berkomitmen sesuai arahan dari pimpinan bahwa tetap melakukan pencekatan dilaut serta pengawasan disetiap jalur penyebrangan yang ada dipelabuhan morotai. Meskipun kami menyadari bahwa masih lemah dari segi ketersediaan alat pendeteksi atau yang memumpuni dan hanya mengandalkan sesuai kasat mata dan laporan masyarakat'. Dan menambahkan bahwa untuk mengatasi sejak dini, perlu penguatan iman.

Terpisah, perwakilan Kesbangpol yang biasa disapa dengan Bapak Opik ini menegaskan, 'penting perlu pendidikan sebagai modal atau dasar kita untuk melawan Narkoba'. Beliau juga menyarankan kepada perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  kabupaten agar terus mendorong terbentukan rumah baca dan penyaluran buku disetiap desa yang berada di morotai sebagai penangkal atas bahaya narkoba tutupnya.

Sementara, Suratman Dano Mas'ud, selaku pengelola perpustakaan desa yayasan menambahkan, kiranya dalam penanganan P4GN di kabupaten pulau morotai ini, perlu adanya sinergitas lintas lembaga, baik vertikal maupun horizontal sehingga semua memiliki andil dan tanggungjawab. Dirinya menyesali, sebab dalam undangan dialog yang dilaksanakan tersebut, tidak sempat dihadiri oleh perwakilan Kementerian perhubungan Laut Daruba-Morotai, Kementerian perhubungan udara Pitu-Morotai, Dinas Perhubungan Kab.Pulau Morotai serta PolAir Polres Pulau Morotai. Sebab, dirinya menilai bahwa keempat lembaga ini juga mempunyai peran penting dalam pencegahan penyebarluasan narkoba yang masuk ke morotai karena yang seperti kita ketahui bersama bahwa morotai merupakam daerah terluar Indonesia, perbatasan dengan negara tetangga seperti Philipina dan Palau, akses jalur masuk yang sangat rawan dimasuki narkoba adalah perhubungan laut dan udara.

Dirinya berharap, kedepan jika dilakukan Dialog terkait dengan P4GN ini, para pihak yang tidak sempat hadir itu, bisa menluangkan waktunya untuk hadir bersama guna menyelamatkan negeri ini, menyelamatkan gemerasi muda Morotai dan Indonesia kedepan, tuturnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini