Dispendik Malut Lantik Pengurus MKKS SMA/SMK Periode 2021-2024

Editor: Admin author photo

 

Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara melantik Pengurus MKKS SMA/ SMK periode 2021-2024 dan kegiatan MGMP Kabupaten Halmahera Tengah yang bertempat di Aula Kantor Bupati Halmahera Tengah dengan Tema: Membentuk Wada Penyambung Inspirasi Peningkatan Mutu Kepala Sekolah. 

Weda- Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara melantik Pengurus MKKS SMA/ SMK periode 2021-2024 dan kegiatan MGMP Kabupaten Halmahera Tengah yang bertempat di Aula Kantor Bupati Halmahera Tengah dengan Tema: Membentuk Wada Penyambung Inspirasi Peningkatan Mutu Kepala Sekolah. 

Sekertaris Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara Amirudin, mengatakan bahwa, dalam menyiapkan peserta Didik yang siap bersaing menghadapi era milenium dan revolusi Industri 4.0.

"Kita Harus mendukung program kebijakan merdeka belajar, maka diharuskan adanya perubahan fungsi dan peranan kepala sekolah," ungkap Sekertaris Pendidikan Provinsi Maluku Utara. Kamis, (11/11/21) 

Amir mengatkan pergeseran fungsi dan peran kepala sekolah dalam mengelola sekolah mengharuskan adanya tuntutan kepala sekolah yang aktif, kreatif dan inovatif sebagai pemimpin pembelajaran. 

"Kepala Sekolah harus memastikan semua guru menerapkan hasil pelatihan, menyediakan kebutuhan pembelajaran aktif dan budaya baca serta menciptakan keterbukaan dan pelibatan masyarakat dalam peningkatan kualitas sekolah," pintanya. 

Ia juga bilang, Guru harus tanggap terhadap perkembangan dan mampu beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang dinamis, kemudian guru juga harus mampu menyajikan/mendesain pembelajaran yang dapat memotivasi peserta didik untuk mampu berpikir kritis, kreatif dan mampu memberikan kesimpulan atau penyelesaian masalah. 

Untuk mengembangkan kerja sama antara kepala sekolah serta guru agar tercapai hubungan kekeluargaan yang serasi, perlu di bentuk satu wadah yang dapat membantu tugas kepala sekolah dan guru selaku abdi negara dan abdi masyarakat sebagaimana diamanatkan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. 

"Wadah tersebut bernama MKKS dan MGMP. Sejalan dengan hal tersebut, pemberian kesempatan pendidikan yang layak dan berkualitas kepada siswa merupakan langka prioritas yang harus segera diwujudkan mengingat implementasi dan peningkatan mutu pendidikan merupakan bagian dari upaya pembinaan dan pengembangan pendidikan secara nasional".

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS)SMA/SMK  dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan suatu wadah asosiasi atau perkumpulan kepala sekolah dan guru, yang berfungsi sebagai sarana untuk saling berkomunikasi, belajar, bertukar pikiran dan pengalaman antara kepala sekolah dan guru dalam rangka meningkatkan kinerjanya dan dapat berdampak pada peningkatan mutu pendidikan. 

"Kami berharap organisasi ini tidak hanya sekedar dibentuk, tetapi yang penting adalah bagaimana organisasi dijalankan secara terus menerus untuk mengembangkan mutu peserta didik," terangnya. 

Selian itu dalam menjalankan tugasnya Kepala Sekolah harus bekerja sama dengan Guru disekolah sebagai sebuah paket team work dengan memperhatikan 6 poin. 

"membuat program sekolah, pengorganisasian sekolah, pengoperasian sekolah, manajemen komunikasi sekolah, menata kepegawaian sekolah dan mengatur pembiayaan sekolah," sebutnya. 

Semoga pengurus MKKS dan MGMP yang baru dapat menyusun program yang jelas dan dapat mengimplementasikan dengan baik untuk mendukung program kebijakan merdeka belajar menuju Indonesia Tangguh dan Maluku Utara Cerdas Tahun 2024. Pungkasnya (Red/tim) 

Share:
Komentar

Berita Terkini