Disperkim Halteng Diminta Kembalikan Kendaraan Alat Berat

Editor: Admin author photo

 

Kepala DLH Kabupaten Halteng, Samsul Bahri

WEDA- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Samsul Bahri meminta kepada Dinas Perkim untuk segera mengembalikan satu unit alat berat berupa eksavator yang diberikan oleh Kementrian untuk penanganan TPA yang ada di Kota Weda. 

“ Alat berat berupa eksavator yang di berikan oleh kementerian itu memang di peruntukkan untuk TPA. Tetapi pada saat aset diserahkan di Dinas Tata Kota waktu itu, namun setelah pembentukan OPD baru dan perubahan Permendagri itu kemudian bentuk OPD baru,” tandas Samsul Bahri kepada media ini, Selasa.(23/11/2021).

Karena Tata Kota  ikut ke Disperkim, maka otomatis aset itu masuk ke Disperkim. Karena itu hibah dari kementrian maka harus ada surat hibah dari Dinas PUPR untuk memerintahkan Disperkim menyerahkan aset itu ke DLH baru DLH bisa sekolah,” ucap Samsul. 

Dikatakan Samsul, jika Disperkim belum serahkan alat itu ke DLH secara otomatis alat itu masih bisa dikelola oleh Disperkim.

“ Untuk penanganan TPA yang ada di kota saat ini kami masih sangat kewalahan, sebab tidak ada alat pembantu untuk penanganan TPA,” keluh Samsul.

Dia menyebut alat berat itu untuk diperuntukkan ke TPA, tetapi TPA waktu itu masih di kelola oleh Disperkim belum diserahkan ke DLH. Nanti setelah perubahan nomenklatur itu baru TPA diserahkan ke DLH, namun infrastruktur TPAnya diserahkan kepada Disperkim. 

Kendati demikian, saat ini sudah ada surat dari kementerian untuk penyerahan alat itu ke DLH untuk penanganan TPA. Akan tetapi proses administrasinya masih panjang sehingga mudah-mudahan secepatnya alat itu di peruntukkan untuk DLH,” kata Samsul. (Dir/red)


Share:
Komentar

Berita Terkini