Ini Cara PT. Antam Berdayakan Pemuda Desa

Editor: Admin

 

Salah satu peserta saat mengikuti pelatihan (ist) 

Maba-Untuk meningkatkan Kompetensi pemuda Lingkar Tambang, PT Antam Tbk Unit Maluku Utara bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) di Tomohon Sulawesi Utara menyelenggarakan pelatihan Operator Excavator dan Dump Truck bagi pemuda Lingkar Tambang pada wilayah operasi PT Antam Tbk di Halmahera Timur.

Pelatihan ini di ikuti oleh 44 peserta yang dibagi kedalam dua bidang kompetensi yakni 27 peserta untuk Operator Dump Truck dan 17 Peserta untuk Operator Excavator.

Peserta pelatihan dilepas oleh Mining Operator Support Division Head PT Antam Unit Maluku Utara Agung Adrianto bertempat di Aula Harmony PT Antam Tbk Desa Geltoli Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur Kamis, (25/11/21).

Suasana pelatihan

Selanjutkan, peserta akan diberangkatkan ke LPK di Tomohon Sulawesi Utara dan akan mengikuti kegiatan tersebut selama 17 hari yang dimulai pada tanggal 29 November 2021 hingga selesai.

General Manager PT Antam Tbk UBPN Maluku Utara Ery Budiman kepada media ini mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan ketrampilan kepada pemuda lingkar tambang agar bisa bersaing pada bursa tenaga kerja.

“Kami menyiapkan kompetensi bagi pemuda dilingkar tambang, agar mereka bisa bersaing pada bursa kerja dimana pun mereka melamar, karena sudah memiliki skill yang bisa diandalkan” kata Ery Budiman.

Ia mengatakan ini bagian dari penguatan sumber daya manusia oleh PT. Antam. "Harapan kami, para peserta dapat mengikuti semua rangkaian kegiatan ini dengan baik, hingga mereka kembali dengan bekal kompetensi yang mereka dapatkan disana", tutup Ery.

Peserta pelatihan saat mengikuti arahan instruktur

Senada dengan itu CSR, HC, & Finance Division Head Agustinus Toko Susetio, menambahkan bahwa ANTAM juga sebelumnya telah bekerjasama dengan Polres Halmahera Timur telah melakukan pelatihan singkat kepada 70 peserta terkait refresh alat berat dan keselamatan lalu lintas bagi pemuda lingkar tambang yang sudah memiliki basic skill operator Dump Truck dan Alat Berat. 

"Hasil dari pelatihan singkat ini, Sebagian bisa melanjutkan magang di ANTAM dan perusahaan vendor di lingkungan ANTAM yang membutuhkan operator alat berat, dan Sebagian lainnya melanjutkan pelatihan pada LPK di Tomohon," terangnya. 

Setelah ikut pelatihan ini ia berharap para peserta dapat survive di dunia kerja. 

“Diharapkan hasil dari pelatihan ini, para pemuda akan memiliki peluang memenuhi kebutuhan operator Dump Truck dan Alat berat baik di ANTAM maupun perusahaan lainnya.” tutup Koko.

Untuk di ketahui para peserta pelatihan ini di rekrut dari perwakilan desa-desa lingkar tambang, dengan dukungan penuh biaya pelatihan, akomodasi dan transportasi kegiatan ditanggung seluruhnya oleh PT Antam Tbk UBPN Maluku Utara. (Red/tim) 

Share:
Komentar

Berita Terkini