Kemenaker RI Dukung Morotai Mart, Ini Programnya

Editor: Admin author photo
Foto Bersama 


Morotai-Pemulihan Ekonomi di tengah Pademi Covid-19, Pemerintah Pulau Morotai, yang di dukung Kejari dan Kepolisian Resot Morotai melakukan upaya pemulihan ekonomi berbasis desa melalui Program Morotai Satu Harga mendapat dukungan dari Kementerian Tenaga Kerja
 
Hardiansyah, Sub Koordinasi Program dan Evaluasi BLK Ternate Devisi Sumber Daya Manusia, dukungan tersebut berupa Pelatihan karyawan pengelola BUMDes Morotai Mart, yang akan berlangsung dari 22 November sampai Dengan 27 Desember 2021 bertempat di Kampoeng Syariah BUMDes Mandiri Desa Muhajirin. 

"Dukungan Kementerian Tenaga Kerja, dalam program satu harga, sebagai pilot Projek Pemulihan Ekonomi melalui Satu Harga, dimaksudkan untuk mempersiapkan tenaga kerja BUMDes yang handal dan berkompeten di bidangnya," ungkap Hardiansyah. 

Lanjut ia mengatakan untuk penguatan efektifitas kegiatan pelatihan di lakukan dalam jangka waktu yang cukup lama. 

"Durasi pelaksanaan pelatihannya selama 1 bulan, sehingga langsung di berikan sertifikat pelatihan keahlian manajemen dan keuangan," cetusnya. 

Bahkan Hardiansyah bilang program pelatihan ini dilakukan oleh BLK Ternate melalui kegiatan Mobile Training unit (MTU) dimana BLK Ternate langsung mendatangi peserta di lokasinya. 

Sejalan dengan itu, Rahmat Sabuhari menjelaskan, Pelatihan Karyawan BUMDes se-pulau Morotai merupakan bagian dari program satu harga, yang akan di operasikan.

"Saat ini ada 8 BUMDes yang akan Operasi bulan Desember karena itu kami bekerjasama dengan Kemenaker untuk peningkatan kompetensi dan sertifikasi kompetensi kepada peserta," ujar Doktor Muda itu. 

Selain itu Rahmat juga mengatakan Program ini berkelanjutan dilakukan oleh BUMDes dan Kemenaker di tahun 2022 dan akan beberapa pelatihan kompetensi dilakukan sehingga dapat menyiapkan angkatan kerja yang produktif. 

Sementara itu, Rahmat Z Hadad sebagai Ketua BUMDes Mandiri Muhajirin, menyampaikan apresiasi kepada Kemenaker yang telah mengambil bagian dalam program satu harga. 

"kami berharap dukungan ini terus berlanjut dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kompetensi karyawan BUMDes, dengan berbagai keahlian bagi generasi muda di pulau Morotai," harapnya. 

Untuk di ketahui peserta pelatihan yang dilakukan saat ini berjumlah 16 orang dari 8 BUMDes di Pulau Morotai yaitu BUMDes
1. Muhajirin. 
2. Dehegila. 
3. Tutuhu. 
4. Galo-Galo. 
5. Sabatai Tua. 
6. Gamlamo. 
7. Morodadi
8. Bere-bere. 
Share:
Komentar

Berita Terkini