Laksanakan PkM di Kota Tidore, Dosen Prodi MPI Libatkan Mahasiswa dan Guru

Editor: Admin author photo
Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate melaksanakan Pkm bertajuk "Pelatihan Metodologi Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 1 Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara, Rabu (24/11)

Tidore - Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate melaksanakan Pkm bertajuk "Pelatihan Metodologi Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 1 Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara, Rabu (24/11)

Tim PkM Prodi MPI FTIK IAIN Ternate terdiri dari dosen prodi MPI Ramli Yusuf, Mubin Noho, Minggusta Juliadarma, Andy, dan melibatkan mahasiswa prodi MPI Fahima Mukmin, Susilawati Tamrin, Ranjani Kamal, Sriungsi B.Minang, Moh sofyan rumalean, dan Fitra Lukman. Pelaksanaan kegiatan PkM dilaksanakan selama 2 hari 24-25 November 2021 yang diikuti 21 orang guru sebagai peserta. 

Dalam sambutannya Wakil Dekan 1 Ramli Yusuf mengungkapkan kegiatan ini adalah bagian dari pengabdian masyarakat. 

"Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sebagai bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat," ungkapnya. 

Lanjut Ramli mengatakan para guru yang mengikuti kegiatan ini akan dapat meningkatkan kompetensi mereka dalam menguasai metodologi pembelajaran. 

"Harapan kami setelah mengikuti kegiatan Pkm, guru-guru mampu menguasai metodologi pembelajaran sehingga memudahkan guru dalam mengajar dan tercapainya tujuan pembelajaran," harap Ramli. 

Selain itu Ramli bilang kegiatan PkM ini akan menjadi rutinitas Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ternate di setiap tahunnya sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat. 

Senada dengan itu Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Tidore Kepulauan, Samuda, mengungkapkan ucapan terima kasih atas kedatangan tim Pkm prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate di SMP Muhammadiyah I Tidore. 

"Mewakili dewan guru SMP Muhammadiyah 1, kami ucapkan Terima kasih kepada tim PkM Dosen Prodi MPI FTIK IAIN Ternate yang telah bersedia melaksanakan PkM di sekolah kami," ucapnya. 

Samuda mengatakan tentunya kegiatan PkM ini sudah mendapatkan rekomendasi dari Dinas Pendidikan Tidore. "diharapkan semua guru mengikuti kegiatan PkM yang sangat bermanfaat bagi pengembangan kompetensi guru," harapnya. 

Untuk diketahui dalam PkM ini tim yang terdiri dari dosen prodi MPI membawakan materi yakni Dr Mubin Noho dengan materi "Metodologi pembelajaran", Drs Ramli Yusuf, M.Pd dengan materi "Model dan Strategi Pembelajaran", Minggusta Juliadarma, M.Pd.I dengan materi "Pembuatan  Video Animasi Pembelajaran, Andy, M.Pd. dengan materi "Pembelajaran Menyenangkan". (Red-tim) 

Share:
Komentar

Berita Terkini