Pemda Halteng Canangkan Tata Ruang Terbuka Hijau dan Hutan Kota

Editor: Admin author photo
Lokasi hutan kota di Halteng

Weda- Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) akan melakukan perencanaan tata ruang terbuka hijau dan kemudian ruangan hutan kota di Kota Weda. 

Menurut Kepala Bapeda Halmahera Tengah (Halteng ) Salim Kamaludin mengatakan, ada beberapa kawasan yang sesuai dengan arahan Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) adalah ruang terbuka hijau dan kemudian ruang hutan kota.

"Kalau kemudian yang posisi itu tidak di pelihara maka kemudian akan merubah pola ruang dan akan mengurangi estetika arah kebijakan kota," ungkap Ketua Bapeda Halteng Salim Kamaludin saat di konfirmasi oleh Nusantaratimur. Selasa, (30/11/21) 

Lanjutnya, jadi kota itu sebagai pusat pemerintahan jasa dan perdagangan sehingga perlu ada penataan dimana pemukiman, dimana perkantoran dan dimana pusat perdagangan sehingga kawasan-kawasan itu yang harus di jaga. 

"Jadi semestinya ketika ada perluasan  atau ingin menduduki wilayah itu untuk merubah fungsi seharusnya ada kordinasi dengan pihak terkait," terangnya. 

Ia bilang Karna disisi lain nilai dan status yang sudah di tetapkan melalui peraturan daerah (Perda) No 1 tahun 12. "Pemerintah Daerah (Pemda) berkeinginan untuk di tata dan diatur sehingga kota ini memiliki arah pengembangan sesuai dengan fungsi-fungsi kawasan itu sebagaimana yang di tetapkan dalam pengembangan kota yang ada di dalam RTRW itu," sebutnya. 

Salim Juga menghimbau kepada masyarakat yang ingin melakukan usaha atau melakukan pemukiman-pemukiman baru itu perlu di sesuaikan supaya lebih tertib. (Red/tim) 

Share:
Komentar

Berita Terkini