Peringati Hari Pahlawan, Desa Tagalaya Gelar Lomba Balap Ketinting

Editor: Admin author photo

 

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh di tanggal 10 November. Pemuda Desa Tagalaya menggelar lomba balap katinting, di atas laut Desa Tagalaya, Kegiatan yang bertajuk "Mode Tapso" yang berarti Bersatu Kita Tumbuh dan Kuat. 

TIDORE - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh di tanggal 10 November. Pemuda Desa Tagalaya menggelar lomba balap katinting, di atas laut Desa Tagalaya, Kegiatan yang bertajuk "Mode Tapso" yang berarti Bersatu Kita Tumbuh dan Kuat. 

Di buka secara resmi oleh Kepala Kecamatan Oba Selatan yang di wakili, Kasubag Perencanaan Keuangan Ruslam Muhammad. Rabu (10/11/2021)

Kasubag Perencanaan Keuangan Ruslam Muhammad kepada sejumlah wartawan menjelaskan, Lomba ini, dimulai dari jembatan Desa Tagalaya sebagai titik star, kemudian peserta nantinya harus mengambil bendera yang ditancapkan oleh panitia, tepatnya di depan pantai Desa Lifofa. Setelah itu, peserta kembali di garis finis, yakni ditempat semula, Jembatan Desa Tagalaya. 

"Kegiatan ini merupakan bagian dari menyambut Hari Pahlawan. Melalui kegiatan ini, saya berharap kebersamaan dan persatuan di tengah-tengah masyarakat terus diperkuat, dan mendukung apa yang menjadi program pemerintah daerah maupun pemerintah desa," ungkap Ruslan kepada media ini, melalui telephone. 

Ruslan menambahkan, lomba balap katinting sembari mengambil bendera dengan beragam warna yang di tentukan oleh Panitia berdasarkan nomor urut peserta itu, dimaknai sebagai wujud kecintaan Masyarakat terhadap keberagaman hidup diatas pangkuan ibu pertiwi. Selain itu, lomba ini juga merupakan bagian dari menghargai jasa leluhur yang ikut berjuang mempertahankan NKRI diatas laut. 

Mengingat, peran atas perjuangan mengusir penjajah dari Bangsa Indonesia, juga ditunjukan oleh Salah satu Pahlawan Nasional asal Tidore, yakni Sultan Nuku yang dijuluki sebagai The Lord Of Fortune, Pahlawan yang gigih dan tak terkalahkan saat melawan penjajah melalui pertempuran diatas laut.

"Lomba ini akan terlihat biasa-biasa saja, jika kita memaknai momentum hari pahlawan ini hanya sebatas ceremony. Tetapi jika kita dalami lebih jauh, tentu maknanya sangat luar biasa, karena tersimpan pesan-pesan sejarah akan perjuangan para pahlawan," tambahnya. 

Kegiatan ini, di tutup oleh Kepala Desa Tagalaya, Arsad Gafur sekaligus menyerahkan hadiah dan bonus kepada pemenang. Untuk juara 1, diberikan hadiaj sebesar 6 Ratus, Juara 2 senilai Rp 400 Ribu, dan juara 3 Senilai Rp. 300 Ribu. 

Adapun peserta yang mengikuti dalam lomba ini sebanyak 12 orang, dengan jarak 2 Kilo Meter.

Share:
Komentar

Berita Terkini