Prodi Usaha Perjalanan Wisata dan Kades Bere-Bere, kerjasama Mahasiswa Magang

Editor: Admin author photo
Foto istimewah

Morotai-Prodi Usaha Perjalanan wisata, Universitas Khairun, pada Jum’at, 26 November 2021 menurunkan 10 mahasiswa magang yang dipusatkan di desa wisata binaan Dispar Kabupaten Pulau Morotai, yakni Desa Bere-Bere, Kecamatan Morotai Utara. Mahasiswa Magang di sambut oleh Kades Bere-Bere, Rinto Mandea, dan didampingi kaur Pemerintahan Desa Bere-Bere. 

Dalam sambutan kepala Desa Bere-Bere bahwa “Mahasiswa Magang diterima dengan senang hati ditempatkan di Desa Bere-Bere. Nantinya Mahasiswa Magang ini mereka tempatkan pada rumah-rumah warga. Mahasiswa magang nantinya ketika di desa wisata Bere-Bere akan membantu kelompok sadar wisata di desa bersama-sama menyusun program untuk pengembangan pariwisata di desa”.  

Pada penyerahan mahasiswa magang di Desa Wisata Bere-Bere, Kecamatan Morotai Utara dilakukan juga penandatangan perjanjian kerjasama di ruang aula kades Bere-Bere. Pada penandatangan tersebut, terlebih dahulu di mulai pihak Kepala Desa, Rinto Mandea. kemudian dilanjutkan oleh Prodi Usaha Perjalan Wisata yang diwakili Sunaidin, bersama Tim Dosen Pembimbing Lapangan, Prodi Usaha Perjalanan Wisata, Unkhair. 

Dalam kesempatan itu, Kades Bere-Bere, Rinto Mandea, mengatakan bentuk kerjasama ini sangat penting untuk menjalin peningkatan Sumber daya Manusia pada kelompok sadar wisata di desa Bere-Bere. 

Kerjasama ini sangat baik agar program studi usaha perjalanan wisata dapat berbagi dan berkolaborasi dalam berbagai hal tentang peningkatan kepariwisataan, khususnya keramah tamahan (hospitality) di tempat wisata di desa Bere-Bere ”, ujarnya.

Sementara itu, Prodi Usaha Perjalanan Wisata, Unkhair, yang diwakili, Sunaidin menyampaikan bahwa kerjasama ini terdiri dari beberapa hal, antara lain melaksanakan Magang, Penelitian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia. “ jadi selain pelaksanaan perjanjian kerjasama, Tim dari Prodi Usaha Perjalanan Wisata, Unkhair, melakukan sharing berkaitan dengan penerapan Magang, “ kata Sunaidin”, ke depan Usaha Perjalanan Wisata Fakultas Ilmu Budaya, Unkhair akan terus menerapkan MBKM Magang di desa-desa wisata binaan Dispar Pulau Morotai. 

Poin kerjasama Prodi Usaha Perjalanan Wisata, Unkhair dan Desa Wisata, Desa Bere-Bere, antara lain: Pelatihan, Pendampingan, Magang Mahasiswa, dan Riset.

Perlu diketahui sebelum diturunkan ke desa wisata di Bere-Bere. Mahasiswa Magang diserahkan ke Dispar Kabupaten Pulau Morotai yang diterima oleh sekretaris, Syaban Lanoni, Dispar kabupaten Pulau Morotai, di ruangnya, dan didampingi kepala bidang pengembangan destinasi, Muksin, dan kapala seksi atraksi wisata, Irwan Keliang.

Share:
Komentar

Berita Terkini