Menarik, Perayaan Ibadah Natal di Lapas Amurang Diikuti Umat Muslim

Editor: Admin

Suasana Warga Binaan yang beragama Muslim saat menyanyikan lagu Rohani dalam perayaan Ibadah Natal di Lapas Kelas III Amurang (Foto/Istimewa)

MINSEL- Suasana perayaan Ibadah Natal di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas III Amurang berjalan dengan khidmat. Terlihat perayaan ibadah natal diikuti oleh para pegawai lapas dan warga binaan serta beberapa tamu undangan, Senin (27/12).


Namun ada yang menarik dalam perayaan ibadah natal di lapas kelas III amurang kali ini. betapa tidak, ibadah yang biasanya hanya diikuti oleh umat Kristen, kali ini terlihat beberapa warga binaan yang beragama Muslim pun ikut serta dalam perayaan ibadah natal ini.

Amran salah satu warga binaan yang beragama Muslim, yang juga ikut dalam perayaan ibadah natal mengatakan bahwa alasan dirinya dan beberapa temannya yang ikut dalam perayaan ibadah natal adalah sebagai bentuk toleransi antar umat beragama.

"Kami sengaja ikut dalam perayaan ibadah natal tanpa dipaksakan oleh siapapun. Itu ikhlas kami lakukan sebagai bentuk toleransi antar umat beragama," tutur Amran.

Ditanya masalah keyakinannya sebagai seorang Muslim yang ikut dalam perayaan ibadah natal, dirinya menjawab bahwa keikutsertaannya dalam perayaan ibadah natal bukan berarti mengoyahkan imannya sebagai seorang Muslim sejati.

"Seorang muslim itu bukan dilihat dari penampilannya, namun dilihat sejauh mana dirinya bisa menghargai agama dan kepercayaan orang lain. Dan bukan tugas kita membuat seisi dunia ini seragam, tugas kita hanyalah bagiamana bisa hidup rukun dan damai antar umat beragama. sama seperti nyanyian yang kami nyanyikan tadi," tutupnya.

Kepala Lapas Kelas III Amurang, Fentje Mamirahi dan Tamu Undangan saat menyanyikan lagu Rohani

Diketahui acara serupa terjadi di Lapas setiap tahunnya. Tingginya toleransi antar umat beragama melekat tebal nampak di lapas kelas III amurang.

Sementara itu Kepala lapas kelas III amurang Fentje Mamirahi mengatakan bahwa perayaan ibadah natal kali ini dirangkaikan dengan beberapa kegiatan lomba.

"Bersyukur ibadah natal kali ini berjalan dengan khidmat. Yang diikuti oleh semua warga binaan yang bergama kristen dan juga ada beberapa warga yg muslim ikut merayakan perayaan ibadah natal. Itu adalah kemauan mereka sendiri. Sebagai bentuk bahwa warga binaan kelas III Amurang disini semuanya keluarga," jelas Kepala Lapas.

Acara perayaan ibadah natal ini pun dirangkaikan dengan bermacam-macam lomba. Diantaranya lomba cerdas cermat alkitab dan beberapa lomba lainnya. Untuk jumlah warga binaan di lapas kelas III amurang sebanyak 268 orang dengan 52 orang beragama Muslim. (Tim)
Share:
Komentar

Berita Terkini