Pekan Depan Festival Doe-Doe Kelurahan Guraping Bakal Dihelat

Editor: Admin
Idham Sabtu, Ketua Panitia


TIDORE- Seluruh elemen masyarakat kelurahan Guraping siap menyelenggarakan festival doe-doe Guraping di pantai wisata doe-doe, Kelurahan Guraping Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore kepulauan.

Ketua Panitia Idham Sabtu, kepada wartawan media ini, Kamis (2/12/2021) menyampaikan, agenda festival doe-doe Guraping merupakan agenda tahunan yang di selenggarakan oleh masyarakat dan pemuda Kelurahan Guraping pada tanggal 15 Desember 2021 nanti, Kegiatan yang di awali dengan launching festival doe-doe ini pada tanggal 4 Desember 2021 malam nanti.

Dalam festival doe-doe kali ini tema yang di angkat oleh panitia adalah "Guraping Kampung Budaya Berbasis wisata"

Idham mengatakan secara geografis Kelurahan Guraping berada pada titik yang sangat strategis dalam pengembangan budaya dan pariwisata, kultur masyarakat Guraping yang melekat pada adat dan tradisi nenek moyang masih terjaga sampai saat ini.

"itu sebabnya kenapa Guraping dalam festival doe-doe kali ini kami mengusung Guraping sebagi kampung budaya berbasis pariwisata dengan harapan bisa di tindak lanjuti oleh pemerintah daerah,"ungkapnya.

Lebih lanjut Ido sapaanya juga mengatakan, Pada tahun 2019 lalu festival doe-doe Guraping pertama kali di selenggarakan di kelurahan Guraping dengan tema kebudayaan dan kali ini nuansa festivalnya akan di buat berbeda. Karna festival doe-doe kali ini tidak hanya sekedar di meriahkan dengan acara-acara seremonial saja. "Namun ada penguatan nilai-nilai budaya lokal yang akan di rekomendasikan ke pemerintah provinsi dan kota Tidore kepulauan untuk menetapkan Guraping sebagai kampung Budaya Berbasis wisata. tentunya dengan syarat-syarat administrasi yang akan kami siapkan," kata Politisi muda itu. 

Ido mengatakan untuk menyongsong terselenggaranya festival doe-doe Guraping yang di buka pada tanggal 15 Desember sampai 31 Desember akan datang, maka pada tanggal 4 Desember 2021 akan di laksanakan launching festival doe-doe Guraping yang di hadiri oleh bapak wakil walikota Tidore kepulauan, kadis pariwisata kota Tidore kepulauan, kadis pariwisata provinsi Maluku Utara dan SKPD lainnya.

"Rangkaian kegiatan yang di tampilkan pada festival doe-doe Guraping nanti akan menjadi potret Guraping pada masa lampau, kini dan akan datang," cetusnya. 

Selain itu festival doe-doe Guraping juga menjadi ajang pemersatu warga kelurahan Guraping yang sangat plural. "Olehnya itu launching festival doe-doe nanti menjadi awal untuk memperkenalkan Guraping dengan segala potensinya," pungkasnya. (Aidar).

Share:
Komentar

Berita Terkini