Pelabuhan Dowora-Galala Bakal Beroperasi

Editor: Admin
Daud Muhammad, Kepala Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepulauan (foto/Aidar) 

NUSANTARATIMUR,TIDORE- Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepulauan berencana pada Kamis 16 Desember 2021 akan membuka pelabuhan penyeberangan ferry Dowora - Galala. 

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepulauan Daud Muhammad kepada wartawan media ini, Senin(13/12/2021) menyampaikan berdasarkan hasil rapat Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepulauan dengan Balai Perhubungan Darat serta ASDP, Dinas Perhubungan Kota Ternate dan Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara, bersepakat untuk membuka pelabuhan ferry Dowora-Galala pada tanggal 16 Desember 2021.

" Berdasarkan hasil rapat bersama, pelabuhan ferry Dowora - Galala akan mulai beroperasi pada Kamis 16 Desember 2021, nanti jadwal diatur oleh Balai Perhubungan Darat," ungkapnya.

Pada rapat bersama itu, kata Daud, dirinya juga meminta penambahan trip pengoperasian Bastiong - Galala dari sebelumnya 4 trip ditambahkan menjadi 6-7 trip, sementara untuk Dowora - Galala yang sebelumnya beroperasi 2 kali dalam seminggu kini menjadi 5 kali.

" Karena pelabuhan Dowora merupakan subsidinya pemerintah, tadi saya minta 5 kali beroperasi dalam seminggu, karena itu izin trayeknya dari Pemda Kota Tidore, maka Pemda Tidore siap mengeluarkan izin, " pungkasnya.

Daud mengatakan, untuk pengoperasian pelabuhan ferry Rum-Bastiong masih seperti biasanya yaitu dalam sehari 4 trip pelayaran, karena ada kapal milik swasta yang doking.

" Untuk permintaan penambahan trip sudah direstui oleh Balai Perhubungan Darat, Bastiong - Galala 6-7 trip dan Dowora - Galala 5 dalam seminggu," tukasnya.

Daud menambahkan, pada Selasa 14 Desember 2021 akan dilakukan uji coba trestel di pelabuhan ferry Dowora maupun Galala dengan menggunakan truk besar.

" Dan itu pada hari Kamis 16 Desember 2021 dipastikan pelabuhan ferry Dowora-Galala dibuka," tutupnya. (Aidar/Red).

Share:
Komentar

Berita Terkini