Pelaku Pencurian dengan Modus Hipnotis Diamankan Polsek Oba Utara

Editor: Admin author photo

 

Pelaku SS alias Syarif diamankan Anggota Polsek Oba Utara

NUSANTARATIMUR.COM,TIDORE- Salah seorang pelaku pencurian inisial SS alias Syarif (56), warga Kota Bitung, Sulawesi Utara. Berhasil  diamankan anggota Kepolisian Sektor (Polsek), Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, di pelabuhan speedboad Sofifi.

Aksi pelaku dalam menjalankan modus operandinya cukup lihai. Banyak warga di Kota Tidore Kepulauan resah dengan aksi kejahatannya.

Sementara modus pencurian yang dilakukan Syarif dengan cara menghipnotis. Nah, aksi ini dilakukan pelaku di beberapa warung di Kota Tidore Kepulauan. Hal itu diungkapkan Kanit Reskrim Polsek Oba Utara, Bripka Ilham Hanafi, kepada wartawan diruang kerjanya. Kamis (23/12/2021).

Dikatakan Ilham Hanafi, awalnya sekitar pukul 14:00 WIT. Ia sedang melakukan pekerjaan di polsek, kemudian salah satu teman dari ABK speed bernama banu menelpon meminta pertolongan untuk mengamankan pelaku yang sedang menyebrang dari tidore menuju ke sofifi menumpangi speedboad.

“ Setelah itu, teman saya (Banu-red) menyerahkan handphone ke salah satu rekan saya babinsa. Dan babinsa pun juga mengatakan hal yang sama dengan meminta pertolongan pelaku dugaan penipuan yang sementara ini menuju ke sofifi dengan ciri-ciri sebagaimana dilaporkan,” terang Ilham.

Adanya laporan dan informasi itu. “ Saya langsung bergegas menuju ke pelabuhan speedboad. Setibanya di pelabuhan saya bertemu ABK speedboad bernama Jubair yang menyampaikan ada pegawai dinas perhubungan telah mengamankan seorang laki-laki, kemudian itu saya langsung menghampiri laki-laki tersebut dengan ciri-ciri yang telah disampaiakan oleh rekan babinsa ternyata betul yang bersangkutan menggunakan switer berwarna hijau, tinggi dan berkulit putih,” jelasnya.

Untuk memastikan kebenaran tersebut. Ilham Hanafi, meminta babinsa untuk menelpon via video call dengan memperlihatkan pelaku.

Ternyata betul, pria yang diamankan itu diduga melakukan pencurian di tidore, tepatnya di Kelurahan Rum,  Kota Tidore Kepulauan.

Selanjut, Ilham sebagai Kanit Reskrim melaporkan penangkapan pelaku ke Kapolsek Kecamatan Oba Utara. Tak lama kemudian anggota piket datang ke pelabuhan speedboad sofifi untuk mengamankan pelaku.

Setelah itu, Kanit Reskrim Ilham Hanafi, melaporkan kembali kepada Kasat Reskrim Polres Tidore Kepulauan bahwa, pihaknya telah mengamankan pelaku dugaan pencurian di Polsek Oba Utara.

“ Kasus ini nanti ditangani anggota Reskrim Polres Tidore Kepulauan yang sementara ini menuju ke sofifi. Setelah itu, baru mereka melakukan pendalaman dan pemeriksaan terhadap pelaku,” pungkas Ilham.

Kanit menambahkan, di saat mengamankan pelaku ditemukan uang senilai  Rp 6 juta lebih di dalam dompet yang bersangkutan.

“ Jadi pelaku sementara masih dilakukan interogasi awal, nanti setelah itu pelaku di bawa ke Polsek baru lah anggota Polres tiba untuk di dalami lebih lanjut,” tukasnya.

Kasus ini nantinya Polres Tidore Kepulauan yang langsung menangani, karena laporan menyangkut dengan kasus tersebut dilaporkan langsung ke Polres. Atas dasar laporan itu, sehingga anggota Reskrim Polres Tidore Kepulauan yang akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut, kata Ilham. (Aidar)

Share:
Komentar

Berita Terkini