Pemkot dan DPRD Tikep Dorong Pengelolaan Sampah Berbasis Teknologi

Editor: Admin author photo
Foto bersama

TIDORE - Pemerintah daerah Kota Tidore Kepulauan bersama DPRD Kota Tikep dalam keseriusan berupaya melakukan pengelolaan sampah melalui pendekatan teknologi terbaru di Kota Tidore Kepulauan terus di matangkan.

Bentuk kesriusan pemkot tikep dan DPRD kedua lembaga ini melakukan pertemuan dengan Direktur Pengelolaan Sampah dan LB3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Novrizal Tahar, pada Kamis 2 Desember 2021 kemarin.

Dalam pertemuan itu, Pemkot Tikep diwakili oleh Sekretaris Daerah, Ismail Dukomalamo dan Kadis DLH, Muhammad Sjarif sedangkan DPRD Tikep diwakili oleh Ahmad Laiman.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tidore Muhammad Sjarif, kepada wartawan media ini melalui via telepon, Jumat (3/12/2021) mengungkapkan Pertemuan itu membahas tentang rencana supporting bantuan pengelolaan sampah RDF Plant Komunal 10 ton per hari untuk Kota Tidore Kepulauan pada tahun 2022.

"Pertemuan ini juga merupakan tindak lanjut dari hasil komunikasi intens dan pertemuan sebelumnya antara Pemda dan DPRD dengan KLHK Direktorat Pengelolaan Sampah," ungkapnya

Kadis menjelaskan, program pengelolaan sampah dengan teknologi RDF atau sampah untuk mendukung energi biomassa bagi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) telah dikembangkan dan berhasil dilaksanakan di beberapa daerah antara lain di Kabupaten Ende, NTT, Lombok Barat NTB, Denpasar yang lebih dikenal dengan sebutan TOSS (Teknologi Olah Sampah Dari Sumber).

Muhammad Sjarif juga menyampaikan bahwa akan segera menyiapkan administrasi terkait surat minat pemerintah daerah untuk dokumen bantuan RDF Komunal untuk disampaikan ke KLHK sebagai persyaratan awal. 

"Iya, kami akan lapor ke Pak Wali dan Wawali terkait informasi ini, segera", tambah Sjarif.

Sementara, bagi Direktur Pengelolaan Sampah dan LB3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Novrizal Tahar, Tidore layak untuk dikembangkan program sampah TOSS  karena memiliki PLTU dan TPA sehingga lebih mudah dikembangkan. 

"Mudah-mudahan segera direalisasikan program ini di Tidore, apalagi didukung oleh Pemda dan DPRD pada hari ini," kata Novrizal.

Sementara itu Sekretaris Daerah, Ismail Dukomalamo, berharap KLHK terus membantu Kota Tidore Kepulauan dalam rangka mengurai persoalan persampahan dan sarana persampahan di Kota Tidore. 

"Ini juga merupakan bagian dari dukungan KLHK bagi Sail Tidore 2022," tutur Sekda. (Aidar).

Share:
Komentar

Berita Terkini