Sampel Uji Baku Mutu Sungai Kali Kobe Dikirim Ke Manado

Editor: Admin author photo

Sungai Kali Kobe (Foto:Ist)

WEDA-  Sampel uji baku mutu air sungai kali kobe dilakukan. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang PPLH Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Halmahera Tengah, Abubakar Yasin kepada nusantaratimur.com, Jumat (3/12/2021).

Menurut Abubakar, uji sampel baku mutu ini di lakukan untuk mengetahui apakah perubahan warna air itu tercemar atau tidak.

“ Nah, sekarang hasil uji baku mutu air sungai kali kobe sudah di kirim ke manado untuk diperiksa ke laboratorium yang terakreditasi. Jadi kami masih menunggu hasilnya,” terangnya.

Setelah hasil uji baku mutu keluar dan dinyatakan tercemar. “ Kami dari DLH mengambil langkah selanjutnya untuk mencari sumber penyebabnya,” kata Abubakar.

Apakah, karena aktifitas pertambangan  tiga perusahan. Ataukah penebangan liar yang marak terjadi atau penyebab lain yang terjadi sehingga sungai kali kobe itu tercemar." Tandasnya.

Dia menamnahkan, sampel uji baku mutu dikirim ke Manado karena di Maluku Utara belum ada laboraterium yang terakreditasi, dan sampel uji baku mutu yang di periksa itu paling lambat 14 hari sudah keluar, pungkasnya. (Dir)


Share:
Komentar

Berita Terkini