Turunkan 100 Personil, GP Ansor Minsel Kawal Perayaan Ibadah Natal

Editor: Admin
GP Ansor Minsel dan Umat Muslim Desa Sapa ikut menjaga perayaan Ibadah Natal 2021 (foto/Istimewa)

MINSEL- Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), kembali melakukan pengawalan ibadah natal umat nasrani yang berada di beberapa gereja di Kabupaten Minsel.


Bekerjasama dengan Barisan Ansor Serbaguna (Banser), penjagaan dimaksudkan sebagai bentuk toleransi antar umat beragama.

"Hal ini sudah sering kami lakukan, kebiasaan seperti ini sudah terjalin setiap tahunnya dan ini sebagai bentuk toleransi antar umat beragama di Kabupaten Minsel," ujar Irzhal P. Djamaludin Ketua GP. Ansor Minsel.

Irzhal pun menambahkan bahwa di Minsel sendiri adalah daerah yang toleransinya paling tinggi. Bahkan toleransi ini pun menyebar sampai se Provinsi Sulut.

"Kebiasaan seperti ini sudah biasa terjadi di daerah Minsel, bahkan kebiasaan ini pun terjadi se Provinsi Sulut. Karna bagi kami orang Sulut, kami melekat dengan semboyan sitou timou tumou tou yaitu manusia baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia," tambahnya.


Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Minsel saat mengatur Lalulintas yang melintasi Gereja (Foto/Istimewa)

Bahkan bukan hanya perayaan natal, disetiap ada perayaan agama pasti ada pemandangan serupa terjadi. Perayaan Idul fitri contohnya, umat kristen selalu hadir terlibat dalam penjagaan di Masjid-masjid yang ada.

Rita Pangkey Kades (Hukum Tua) Desa Sapa Induk, Atas nama masyarakat dan Jemaat yang ada, dirinya sangat berterima kasih kepada Ansor dan umat muslim yang ikut membantu perayaan ibadah natal di gereja yang berada di desanya.

"Terima kasih buat Ormas Ansor dan umat Muslim yang ikut serta melakukan penjagaan di gereja gereja yang ada. Kami bersama masyarakat yang merayakan natal sangat berterima kasih sekali," ucap Pangkey.

Tahun ini, Ansor Minsel sendiri menurunkan sedikitnya 100 personil dalam penjagaan gereja yang tersebar di Minsel. (Tim)
Share:
Komentar

Berita Terkini