Wawali Tikep Resmi Launching Festival Doe-Doe Guraping

Editor: Admin
Wakil Walikota Tikep Saat membuka acara Festival doe doe secara resmi (tim) 

TIDORE- Festival doe-doe Kelurahan Guraping resmi di launching oleh Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen, kegiatan dengan mengusung tema"Guraping Kampung Budaya Berbasis Wisata. yang berpusat di pantai wisata doe-doe Kelurahan Guraping Kecamatan Oba Utara Kota Tidore Kepulauan, Sabtu (4/12/2021) malam tadi.

Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen dalam sambutanya menyampaikan, budaya daerah dapat memberi andil besar dalam pembentukan jati diri bangsa dan proses regenerasi bangsa, ia juga mengatakan pada masa sekarang ini, seni budaya daerah sudah mulai terkikis dan tergerus oleh budaya luar serta tidak sedikit pula budaya kita yang diklaim oleh bangsa lain.

"Budaya dan adat-istiadat memiliki arti strategis dan dapat berfungsi sebagai alat perekat dan untuk mempererat rasa kebersamaan sehingga tercipta rasa Aman, Nyaman, Damai dan Sejahtera bagi masyarakat di Kota Tidore Kepulauan," ungkapnya.

Lebih lanjut orang nomor dua di kota Tidore Kepulauan ini juga mengatakan, Budaya yang di miliki adalah kekayaan yang patut di jaga dan akan kita wariskan kepada generasi berikutnya. 

"Sehubungan dengan itu, melalui Festival Doe-Doe ini, saya mengajak kita semua, untuk menjadikan tradisi lokal sebagai roh dari perilaku kehidupan sehari-hari kita, kapan dan dimanapun berada," pintanya. 

Lebih lanjut tambah dia, kegiatan yang dilaksanakan di lokasi Wisata baru di Guraping ini memiliki makna yang mendalam dan strategis. 

"diharapkan menjadi salah satu media atau momentum untuk memasyarakatkan budaya yang kita miliki sekaligus sebagai moment untuk menggiatkan kegiatan parawisata di daerah ini".tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Utara, Tahmid Wahab, akan mendorong Festival doe-doe ini akan dibuatkan kalender iven Festival di Guraping yang memiliki adat dan budaya yang sangat mencerminkan peradaban yang menjadi teladan para generasi.

"Festival ini sangat memprihatinkan dan pada umumnya masyarakat oba utara harus turut partisipasi," ujarnya.

Untuk itu lanjut Tahmid, Tahun 2022 nanti ada 2 Program Festival yang akan dilaksanakan yakni Festival Kie Raha dan Lofu Kie akan diselenggarakan di guraping, sehingga  sangat membutuhkan kerja sama dan partisipasi masyarakat di Maluku Utara

Tahmid juga mengharapkan, Agar ke depan kegiatan festival doe-doe ini menjadi agenda tahunan yang sangat bermanfaat untuk para generasi muda guraping dan pada umumnya Maluku Utara. 

Untuk di ketahui kegiatan Launching Festival doe-doe ini di tandai dengan pemukulan tifa oleh Wakil Walikota Tidore  Muhammad Sinen dan Kepala Dinas Provinsi Maluku Utara Tahmid Wahab. Sekaligus di lanjutkan dengan Penandatanganan dukungan Iven oleh Sponsor Festival doe-doe.(Aidar).

Share:
Komentar

Berita Terkini