Dinas Pertanian Halteng Kembalikan Sisa Uang Pekerjan Jalan Produksi Ke Kasda

Editor: Admin

 

Proyek Jalan Produksi yang dikerjakan CV Sifkam Pratama

WEDA-Dinas Pertanian Kabupaten Halmahera Tengah kembalikan sisa uang pekerjaan Proyek Pembangunan Jalan produksi ke  Kas Daerah (Kasda).

Pasalnya, proyek tersebut dikerjakan oleh CV. Sifkam Pratama yang berlokasi di Desa Bobane Jaya, Kecamatan Patani Barat, Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Halteng, Yusmar Ohorella kepada nusantaratimur, pada Jumat (21/1). Ia mengatakan bahwa terkait pekerjaan jalan produksi yang berada di Desa Bobane Jaya kami sudah di panggil oleh Komisi II DPRD, dan kami sudah jelaskan laporan tertulis dari konsultannya.

"Jadi sekitar 500 meter memang digusur karena lokasinya agak mengunung, sehingga yang itu sudah tidak lagi melakukan timbunan, dan sementara ini sisa anggaranya di kembalikan ke kas daerah. Jadi anggara yang di kerjakan itu nilai hanya Rp.112 juta,” kata Yusmar Ohorella.

Menurutnya, hasil kroscek lapangan itukan di rapnya tidak di buat semacam saluran air, tetapi pelaksanaannya dibuat seperti itu.

"Jadi kalau dari sisi kegiatan dia bisa menutupi yang lain, tetapi karena dari sisi timbunan yang tidak memungkinkan, maka anggaranya di tahan sehingga pencairannya hanya 40% dan sisanya dikembalikan ke kas daerah,”terangnya.

Berdasarkan hasil cek lapangan, kalau dengan nilai uangnya dan pekerjaannya agak meningkat hanya 100 juta lebih, karena kegiatan BTT yang dalam aturan BTT itu untuk lanjutannya sudah tidak ada.  Jadi tahun anggaran berakhir, maka tetap berakhir.

Sementara progres pekerjaan pembangunan jalan produksi itu mencapai 60%. “ Jadi nilai uang dengan kegiatan di lapangan itu pekerjaannya tidak sebanding dengan uangnya,” kata Yusmar.

Karena hal-hal yang tidak ada di RAB untuk menutupi kekurangan pekerjaannya. Sehingga pelaksanaanya membuat saluran air di tepian jalan, dan sisa anggarannay senilai Rp. 200 juta lebih tarik masuk ke kas daerah, tutupnya.(dir)

Share:
Komentar

Berita Terkini