Pekan Depan, Pelabuhan Speedboad Rum Resmi Dibuka

Editor: Admin author photo

 

Kepala Dinas Perhubungan Pemkot Tikep, Daud Muhammad

TIDORE- Pelabuhan speedboad  Rum yang terletak di Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan, bakal di buka pada 7 Januari 2022 pekan depan. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Pemkot Tikep, Daud Muhammad kepada wartawan, Selasa (4/1/2022).

“ Berdasarkan pertemuan antara Dinas Perhubungan dengan sejumlah stakeholders diantaranya, KUPP Kelas III Soasio, KUD, Organda, Koordinator Motor Kayu dan Koordinator Speedboad sif A dan Sif B serta Pos Pelabuhan Rum,” kata Daud.

Dijelaskan Daud, dalam pertemuan tersebut, guna membicarakan kembali diaktifkannya ruang tunggu speedboad  dan terminal rum yang hampir setahun sedang dilakukan rehab oleh Dinas Perhubungan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perhubungan.

“ Rencananya hari Jumat tanggal 7 Januari 2022, akan di aktifkan kembali ruang tunggu pelabuhan speedboat dan terminal rum yang dilakukan oleh Walikota Tidore kepulauan,” tutur Daud.

Selain itu, pihaknya akan melakuan simulasi keluar masuk sekaligus arus kendaraan yang berbeda di terminal pada saat dibuka nanti.

Lanjut Daud, untuk DAK 2021, diarahkan untuk pembangunan ruang tunggu dan terminal. Sedangkan, di tahun 2022 akan diperuntukkan pembangunan dermaga laut.

"Jadi dermaga laut, itu ada dua item pekerjaan, yakni dermaga speedboabt dan dermaga motor kayu, dermaga speedboad menggunakan anggaran DAK dan dermaga motor kayu menggunakan DAU,” ungkapnya.

Sementara untuk pembangunan terminal dan ruang tunggu pelabuhan speedboat rum menghabiskan anggaran senilai Rp 10 miliar yang bersumber dari APBN, tutup  Daud. (dar)

Share:
Komentar

Berita Terkini