Polres Tidore, Amankan Tiga Orang Pengedar Narkoba

Editor: Admin
Para tersangka saat diamankan oleh pihak kepolisian. 

TIDORE-  Memasuki Awal Tahun 2022, Polres Tidore Kepulauan berhasil mengamankan 3 (tiga) orang terduga pelaku pengedar narkotika, masing-masing berinisial JF (24) asal Kelurahan Indonesiana, AK( 21) asal Kelurahan Dokiri dan TW (36) asal Kelurahan Indonesiana, Kota Tidore Kepulauan.

Ketiga orang di amankan ini dengan waktu yang berbeda, dimana JF (24) dan AK (21) asal Kelurahan Indonesiana di amankan pada tanggal 8 Januari 2022, Sedangkan TW (36) asal Kelurahan Indonesiana di amankan pada tanggal 17 Januari 2022. 

KBO Reskrim Polres Tidore, Muchamad Arif Budiman menyampaikan, Kedua Pelaku di amankan ini, berdasarkan informasi dari Masyarakat setempat bahwa di sekitaran TKP sering di lakukan transaksi narkotika dengan cara dilempar, dengan adanya informasi tersebut personil Polres Tidore langsung melakukan penyelidikan  dan hanting di sekitaran TKP. 

"Pada saat melakukan hanting personil melihat kedua orang pemuda terduga menggunakan sepeda motor honda scoopy sedang berhenti dan mencari sesuatu.

Melihat hal tersebut, Personil langsung mencurigai kedua orang terduga dan langsung menghampiri, ketika menghampiri terduga langsung menjalankan sepeda motor dan langsung di lakukan pengejaran oleh personil sehingga terduga langsung jatuh dari sepeda Motornya," ungkapnya. 

Lanjut ia mengatakan saat jatuh personil langsung mengamankan yang bersangkutan terduga, di saat mengamankan terduga mencoba melawan Personil hingga personil langsung melumpuhkan terduga dengan tangan kosong dan langsung di amankan. 

"Di saat mengamankan, Personil menemukan plastik hitam yang di selipkan di celana dalam terduga JF (24), dan secara koperatif terduga sendiri langsung membuka bungkusan, terdapat tiga bungkus kertas Putih diduga berisi narkotika berjenis ganja dengan berat 6,09 gram dan dua narkotika berbentuk Sabu berat 0,05 gram," sebutnya. 

Setelah itu, Personil langsung mengamankan kedua terduga berserta barang bukti di Polres Tidore untuk di lakukan pengembangan. 

KBO bilang, di saat mengamankan secara koperatif terduga JF (24) mengaku bahwa di kediamannya tersimpan Narkotika berupa satu paket kecil batang Ganja dan dua paket kecil Sabu, setelah itu di sore hari sekiatar pukul 18:00 WIT. terlapor JF (24) dan personil langsung menuju di kediamannya untuk melakukan penyerahan Narkotika yang di simpan oleh terduga dan langsung di bawakan ke Polres Tidore untuk di amankan dan di lakukan penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut dan di lakukan pemeriksaan serta di proses sesuai dengan hukum yang berlaku.

"Untuk tindakan yang pertama kami melakukan penyelidikan, pemeriksaan saksi-saksi, setelah itu di bawa barang bukti  ke labfore makasar dan hasilnya positif Ganja dan Sabu, dan terduga tersebut di tahan dan kami langsung melengkapi berkas perkara untuk segera di kirimkan di Kejaksaan Tidore," terangnya. 

Sementara itu pada tanggal 17 Januari 2022, Tersangka, AK( 21) dan TW (36) Polres Tidore juga berhasil mengamankan 1,37 gram ganja, dengan modus yang sama. 

di Kelurahan Tuguwaji, Sebagaimana kronologis yang di sampaikan Oleh KBO Reskrim Polres Tidore Kepulauan bahwa, Berdasarkan informasi dari masyarakat setempat sering di lakukan transaksi narkotika dengan modus yang  sama, dengan adanya informasi tersebut Personil langsung melakukan penyelidikan di sekitaran TKP melihat satu orang pemuda dengan mengendarai Bentor berhenti dan mencari sesuatu kemudian Personil langsung mencurigai pemuda tersebut setelah itu terduga langsung menjalankan bentor dan langsung di kejar dan dicegat oleh personil dan langsung di amankan,

 "ketika di amankan terduga langsung membuang barang di pinggir jalan, selanjutnya personil langsung mengintrogasi yang bersangkutan terduga secara koperatif mengakui telah membuang barang bukti berupa dua paket kecil di bungkusan dengan kertas koran berisi Narkotika berjenis Ganja," ungkapnya

Terduga sendiri langsung mengambil barang bukti yang di buang itu dan di saksiskan banyak orang dan personil di TKP, "terduga serta barang bukti langsung di amankan di Polres Tidore untuk di lakukan penyelidikan dan pengembangan serta pemeriksaan serta diproses sesuai dengan hukum yang berlaku," katanya.

Sedangkan, Kanit Tipiter Ipda. Juslim A. Ladika. mengatakan bahwa, Ketiga orang pelaku saat di periksa dan dintrogasi mengakui bahwa barang tersebut di kirim dari kota Ternate. Dengan tindakan tersebut ketiga pelaku disangkakan dengan Pasal, 

JF (24) Pasal 114 ayat (1) jo pasal 132 ayat (1) dan Pasal 112 ayat (1), AK (31)Pasal 114 ayat (1) jo Pasal 132 ayat (1) dan TW (36) Pasal 114 ayat (1) atau Pasal 111 ayat (1) UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika. dengan kurungan 12 Tahun penjarah dan denda sebesar Rp. 800 juta rupiah. (Aidar).

Share:
Komentar

Berita Terkini