Terminal dan Pelabuhan Rum Resmi Beroperasi

Editor: Admin author photo
Wali Kota Tidore Kepulauan Capt.Ali Ibrahim di dampingi Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen membuka dengan resmi Pengoperasian Terminal dan Pelabuhan Rum, di Kelurahan Rum Balibunga Kecamatan Tidore Utara. Jumat (7/1/22).

TIDORE- Wali Kota Tidore Kepulauan Capt.Ali Ibrahim di dampingi Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen membuka dengan resmi Pengoperasian Terminal dan Pelabuhan Rum, di Kelurahan Rum Balibunga Kecamatan Tidore Utara. Jumat (7/1/22).

Untuk pelayanan aktivitas angkutan laut Kota Tidore Kepulauan, Tiga pelabuhan yang sempat absen karena masih dalam tahapan rehabilitasi tersebut ialah Pelabuhan Rum, Pelabuhan Feri Dowora serta pelabuham Feri Galala, mulai beroperasi kembali setelah peresmian pertama yang beroperasi kembali pada bulan Desember kemarin yaitu Pelabuhan Feri Dowora dan pada hari ini dengan resmi dapat dioperasikan kembali Terminal dan Pelabuhan Rum.

Pada kesempatan tersebut Wali kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim mengawali sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Perhubungan bersama jajarannya yang sudah bekerja keras membantu membangun infrastruktur Terminal dan Pelabuhan Rum.

“saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kepala Dinas Perhubungan bersama jajarannya yang telah bekerja keras dan bekerja sama dengan pelaksanan proyek maupun pihak terkait lainya untuk pembangunan infrastruktur Terminal dan Pelabuhan Rum hingga dapat beroperasi kembali pada hari ini," ucap Ali. 

Ali berharap ini dapat bermanfaat untuk masyarakat di Kota Tidore Kepulauan dalam hal meningkatkan kegiatan ekonomi, menunjang kelancaran arus orang, barang serta aktivitas perdagangan antar pulau, sehingga bisa mensejahterakan masyarakat di Kota Tidore Kepulauan.

“Besar harapan saya agar keberadaan Terminal dan Pelabuhan Rum yang baru ini dapat mendorong dan menggerakkan percepatan pertumbuhan pembangunan ekonomi dan pembangunan di bidang lainnya di Kota Tidore Kepulauan," ungkapnya. 

Ia juga berpesan agar semua pihak dapat menjaga fasilitas yang telah di bangun ini. 

“saya juga titipkan kepada kita semua untuk sama-sama menjaga kebersihan serta keamanan Terminal dan Pelabuhan Rum ini, maka secara tidak langsung kita telah membantu pemerintah dalam upaya membangun daerah kita menuju Tidore Jang Foloi”, ucap Ali. 

Senada dengan itu Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar selalu menyampaikan masukan serta saran untuk bagaimana membangun kota tidore kedepan yang lebih baik.

 “Ditempat ini, saya himbau kepada kita semua terutama warga masyarakat Kota Tidore Kepulauan terkhusus lagi Kelurahan Rum dan Rum Balibunga, teman-teman Pers dan Stakeholder semua," pinta Muhammad. 

Wawali muda itu bilang Pemerintah Tikep selalu terbuka dengan kritik dan masukan agar dapat menjadi bahan evaluasi perbaikan sistem ke depan yang lebih baik. 

"Saya dan bapak Walikota kami hanya manusia biasa, kritik dan masukan itu wajib disampaikan kepada kami, tetapi kritik yang memecah belah Masyarakat atau Persatuan kita, saya mohon ini harus kita hindari, mari kita saling mendukung untuk bersama-sama membangun kota tidore kepulauan kedepan yang lebih baik lagi," tuturnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepulauan, Daud Muhammad dalam laporannya mengatakan rehabilitasi gedung Terminal Penumpang dan Areal Parkir Pelabuhan Rum dengan tahapan pekerjaannya.

"Rinciannya adalah pekerjaan persiapan, pekerjaan gedung utama terminal penumpang yang terdiri dari pekerjan lantai satu dengan delapan ruangan, lantai dua dengan dua ruangan dan pekerjaan rehabilitasi areal parkir serta bangunan gedung fasilitas penunjang, waktu kerjanya selama 300 hari Kalender terhitung dari tanggal 8 februari 2021, sumber dana berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) kementerian perhubungan, melalui dana tugas pembantuan Tahun Anggaran 2021, dengan nilai kontrak Rp. 10. 395. 561.000,-., " sebut Daud. 

Untuk diketahui Peresmian Terminal dan Pelabuhan Rum di awali dengan pengguntingan pita kemudian dilanjutkan dengan Peninjauan Lokasi Terminal dan Pelabuhan, dan jamuan makan siang.

Turut hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Tidore Kepulauan, Anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tidore Kepulauan, Sekretaris Daerah Kota tidore Kepulauan, Ketua Darma wanita persatuan Kota Tidore Kepulauan, Kepala KUPP Soasio, Para Pimpinan OPD, Camat Tidore Utara, dan Para Lurah yang berada di Kecamatan Tidore Utara.(Aidar)

Share:
Komentar

Berita Terkini