Wujudkan Poros Maritim, BEM Unkhair Puji Jokowi

Editor: Admin
Bem Unkhair Saat Menggelar Seminar Nasional

Ternate- Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus memperkuat ekonomi bangsa dengan menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki peran strategis dalam industri perdagangan dunia. Capaian itu tak terlepas dari melimpahnya Sumber Daya Alam (SDA) yang membentang di ribuan pulau nusantara.

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Khairun Asyudin La Masiha mengatakan kebijakan strategis tersebut layak dibahas sehingga BEM menginisiasi seminar dengan mengundang pembicara dari berbagai kalangan. BEM melaksanakan Seminar Indonesia Maju bertajuk Menakar Kekuatan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia: Menelaah Kebijakan Strategis Presiden Jokowi Bidang Ekonomi Kelautan di Ternate, Maluku Utara. 

Asyudin menyampaikan Indonesia merupakan negara yang memiliki modal pembangunan yang sangat lengkap, mulai dari kekayaan SDA, Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, hingga letak geografis yang strategis. Semua itu dinilai mampu dibaca oleh Presiden Jokowi dengan meluncurkan berbagai kebijakan, termasuk menjadikan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia.

“Dengan kekayaan alam dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki peran strategis di perdagangan dunia,” kata Asyudin di Universitas Khairun, Ternate, dikutip dari akun YouTube BEM Universitas Khairun, Kamis (27/1/2022).

Terlebih lagi, Asyudin menambahkan, sudah sejak lama Indonesia juga dikenal menjadi salah satu negara yang memiliki ribuan pulau di dalamnya. Karena itu sering kali Indonesia disebut sebagai negara maritim utama dunia. Sehingga visi Presiden Jokowi dengan menjadikan masa depan Indonesia berpotensi besar dapat menjadi poros maritim dunia layak didukung.

“Posisi Indonesia sampai kapan pun akan menjadi poros maritim dunia,” imbuh Asyudin. 

Untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, Presiden Jokowi telah menyiapkan lima pilar kebijakan utama. Meliputi memastikan integritas wilayah dan memperluas wilayah yurisdiksi, menjaga pertahanan dan keamanan.

Kemudian memastikan keselamatan, mengelola sumber daya terlaksana dengan bertanggung jawab, serta memproyeksikan kepentingan nasional melalui leadership Indonesia di dunia internasional.

Share:
Komentar

Berita Terkini