MD KAHMI Halteng Peringati Dies Natalis HMI Ke-75

Editor: Admin

 

Foto dies Natalis HMI Di Halteng (red:tim) 

Weda- Majelis Daerah KAHMI Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) telah memperingati Deis Natalis yang Ke-75 Tahun Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang jatuh pada tanggal 05 Febuari 2022 lalu. Kegiatan yang berlangsung di Aula Mardelia, Desa Nur Weda. Mengangkat “Meneropong Masa Depan Halmahera Tengah”. Selasa(08/02/2022).

Ketua Majelis Daerah (KAHMI) Kabupaten Halmahera Tengah Abdurahim Odeyani dalam sambutanya mengatakan bahwa, sungguh merupakan satu kebahagiaan bagi  dirinya dan Organisasi HMI. 

"Malam ini kita bisa memperingati Dies Natalis ke-75 Himpunan Mahasiswa Islam, sebagai organisasi mahasiswa islam tertua di Indonesia yang di deklarasikan oleh Lafran Pane dan sejumlah alumni HMI pada 05 Februari 1947 silam di Yogyakarta," ujarnya 

Lanjut Ode mengatakan kelahiran HMI adalah sebuah keniscayaan dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dan kehidupan ummat Islam pada masa itu yang terus digerogoti oleh kekuatan kolonialisme dan sosialisme.

“Sungguh tidak mudah bagi HMI untuk bertahan ditengah situasi politik bangsa yang belum stabil, namun Lafran Pane dengan idealisme dan komitmen yang dimilikinya, mampu mempertahankan keberadaan HMI hingga saat ini," terangnya. 

Bagi dia perayaan Dies Natalis HMI tahun ini, ia mengajak kepada semua warga HMI untuk menjadikannya sebagai momentum dalam merefleksikan kembali perjalanan dan aktivitas HMI. 

"Kita harus melakukan kontemplasi terhadap posisi dan peran HMI ditengah-tengah kehidupan ummat Islam, Bangsa dan Negara. Sehingga kedepan HMI terus berkontribusi terhadap kemajuan bangsa dan negara," pinta Ode. 

"Tema Dies Natalis kali ini Arah Baru HMI Berdaya Bersama Menuju Indonesia Emas 2045. Indonesia yang Berdaulat, Adil dan Makmur diusia 100 tahun kemerdekaan. Ini bukan sekedar keinginan HMI tapi menjadi keinginan bersama seluruh Rakyat Indonesia," sambungnya. 

Lanjut kata wakil Bupati itu, Himpunan ini telah menunjukkan jati dirinya, sebagai organisasi kelompok intelektual muda Islam yang sangat peduli terhadap kemajuan Islam, dan kemajuan Indonesia. Juga terus mendorong perubahan dalam cara pandang terhadap Islam dan kebangsaan. Bahkan tidak bisa dipungkiri HMI menjadi jembatan dalam membangun persatuan di kalangan organisasi massa dan aliran keagamaan. 

"Gagasan dan pemikiran yang ada dalam rahim HMI ini harus terus ditumbuhkembangkan menjadi dialetika oleh seluruh kader baik yang masih aktif maupun yang tidak lagi aktif. HMI juga telah banyak melahirkan kader-kader terbaik Islam yang saat ini berkiprah dan memainkan peranan penting di hampir semua bidang, baik sosial, politik, ekonomi, pendidikan, birokrasi, maupun di berbagai bidang kehidupan lainnya," sebutnya. 

Ode menceritakan HMI memainkan peran peran penting dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur sebagaimana menjadi tujuan HMI. Sehingga tidak berlebihan kiranya, perjalanan bangsa di masa akan datang nanti akan banyak diwarnai oleh pemikiran dan aktivitas kader-kader HMI yang telah berada di berbagai lini tersebut.

“Demikian juga keberadaan kader-kader HMI di Halmahera Tengah, kita bisa saksikan banyak kader HMI yang terdistribusi di berbagai lini tersebut, baik di eksekutif, legislative, organisasi kepemudaan, media massa, LSM maupun lembaga-lembaga non pemerintah seperti KPU/Bawaslu," terang Ode. 

Ia berharap keberadaan sejumlah kader tersebut dengan gagasan dan pemikiran yang dibawa, akan mewarnai berbagai kebijakan pembangunan di wilayah ini, sehingga cita-cita membangun masyarakat Halmahera Tengah yang maju dan sejahterah dapat terwujud dan HMI ini harus terus ditumbuh kembangkan menjadi dialetika oleh seluruh kader, baik yang masih aktif maupun yang tidak lagi aktif. 

"HMI juga telah banyak melahirkan kader-kader terbaik Islam yang saat ini berkiprah dan memainkan peranan penting di hampir semua bidang, baik sosial, politik, ekonomi, pendidikan, birokrasi, maupun di berbagai bidang kehidupan lainnya. Mereka memainkan peranperan penting dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur sebagaimana menjadi tujuan HMI. Sehingga tidak berlebihan kiranya, perjalanan bangsa di masa," harapnya. (Dir) 

Share:
Komentar

Berita Terkini