Gelar Bimtek, Disdikbud Malut Komitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Editor: Admin
Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan Disdikbud Maluku Utara, Sabtu (26/3)

TERNATE- Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Maluku Utara, Amiruddin resmi membuka kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan soal terstandar dan penilaian hasil belajar bagi Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Se-Maluku Utara bertempat di Hotel Muara Ternate, Sabtu (26/3/2022).

Amiruddin dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemprov Maluku Utara dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sangat berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya melalui kegiatan bimtek teknis penyusunan soal terstandar dan penilaian hasil belajar.

Salah satu bentuk standar yang harus menjadi perhatian adalah standar kompetensi lulusan, dimana ketercapaian mutu penyelenggaraan pendidikan dapat diukur melalui sistem evaluasi, sistem belajar, baik secara individual kepada peserta didik maupun secara kolektif terhadap satuan pendidikan,” ungkap Amiruddin.

Oleh karena itu, penyempurnaan mengenai evaluasi sistem penilaian harus dapat memisahkan secara lebih tegas antara evaluasi terhadap hasil belajar peserta didik dan evaluasi terhadap sistem pendidikan.

Evaluasi terhadap hasil belajar peserta didik, dikatakan Amiruddin, merupakan kewenangan dan tugas pendidik. Sementara peran Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah adalah melakukan evaluasi terhadap sistem pendidikan untuk memantau kemajuan dan kesenjangan di dalam sistem, serta melaporkan hasil evaluasi tersebut sebagai bentuk akuntabilitas publik.

Untuk itu, kegiatan Bimtek ini sangat diperlukan terutama bagi Kepala-Kepala Sekolah di Provinsi Maluku Utara.

"Saya berharap semua peserta kegiatan Bimtek ini dapat mercermati setiap materi yang disampaikan oleh narasumber," harapnya. (Tim)

Share:
Komentar

Berita Terkini