Lagi, Dishub Kota Tikep Dapat Kucuran APBN Senilai Rp 39 Miliar

Editor: Admin
Kadis Perhubungan Kota Tikep | Daud Muhammad

TIDORE-Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepulauan (Tikep) yang dinakhodai Daud Muhammad benar-benar lihai melakukan lobi anggaran melalui ke pemerintah pusat untuk memajukan Kota Tidore Kepulauan.

Tahun ini Pemkot Tikep keciprat anggaran dari APBN senilai Rp 39 miliar untuk kepentingan pembangunan infrastruktur sektor transportasi perairan laut.

Dalam kurung waktu dua tahun Daud Muhammad tercatat mendatangkan sejumlah anggaran dari Pemerintah Pusat terbilang cukup fastastis, yakni  pada tahun 2021 anggaran dari Pemerintah Pusat  senilai Rp. 29 miliar, sedangkan tahun ini telah dianggarkan senilai Rp. 39 miliar.

“ Jadi dalam dua tahun ini anggaran yang didapat dari Dana Alokasi Khusus (DAK) kurang lebih sebesar Rp 69 miliar lebih,” kata Daud Muhammad kepada wartawan di Tidore, Kamis (31/3).

Lanjut Daud menambahkan, sesungguhnya dukungan anggaran di Pemerintah Pusat sangat banyak untuk kepentingan pembangunan di daerah. Hanya saja tergantung kelihaian dan inovasi leader dalam menyiapkan program guna diusulkan kepada kementerian terkait agar dapat di akomodir dalam batang tubuh APBN.

“ Kami sampai bisa mendatangkan uang ke tidore ini, karena pertama, kami melakukan identifikasi pelabuhan yang masuk dalam RIPN, kedua, kami punya data terkait dengan angkut muat penumpang, dan yang ketiga, Tidore merupakan daerah kepulauan, sehingga dapat meyakinkan pemerintah pusat untuk membantu pemerintah daerah," jelasnya.

Olehnya itu, kata Daud, kesiapan data menjadi bagian terpenting untuk bisa mendapatkan kucuran anggaran dari Pemerintah Pusat. Selain itu, perlu juga dilakukan sinkronisasi program antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat. (aidar/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini