Musrembang Pemda Halteng Bikin Penguatan Ekonomi

Editor: Admin
Foto istimewa

Weda- Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah melakukan Musrembang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat kecamatan dengan tema" Penguatan Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi Untuk Daya Saing Daerah Kabupaten Halmahera Tengah Tahun 2023.

Bupati Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) Edi Langkara mengatakan, musrenbang Kecamatan yang di laksanakan ini merupakan proses perencanaan pembangunan untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi di wilayah Kecamatan.

"Tujuan untuk membahas dan menyepakati rencana kegiatan pembangunan Daerah berdasarkan urutan pilihan mendesak dan prioritas yang di mulai dari tingkat Desa dan kita bahas di tingkat Kecamatan pada hari ini," ungkapnya. Selasa, (23/03/22) 

Lanjutnya,  mengatakan musrenbang yang dilaksanakan pada hari ini, akan mengakomodir berbagai kepentingan diberbagai tingkatan pemerintahan untuk mematangkan Rencana kerja pemerintah daerah ( RKPD.

"Ini bersinergi antara berbagai pendekatan perencanaan politis, teknokratik, partisipatif maupun top dawn dan bottom up. Sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional," terangnya. 

Edi juga mengatakan sasaran RKPD Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah tahun 2023 adalah, Penguatan Ekonomi Kerakyatan Berbasis produk unggulan daerah serta Pengembangan pengelolaan Koperasi berbasis inovasi Peningkatan dan Penyediaan infrastruktur Dasar, Sarana dan Prasarana Transportasi. 

"Penguatan Pengelolaan Sumber Pendapatan Daerah dalam mendukung PAD melalui Kreatifitas dan Inovasi, Peningkatan Penerapan nilai-nilai keagamaan, kesadaran hukum dan kearifan local yang berlandaskan Fagogoru," sebutnya. 

Tidak hanya itu ada penataan Kota Weda sebagai Pusat Pemerintahan Pelayanan Jasa dan Ekonomi, Penguatan Pemberdayaan Sosial dan tanggap darurat. 

"dari ke enam sasaran pembangunan tersebut diatas adalah merupakan sasaran yang akan kita laksanakan pada tahun 2023 nanti sebagai kelanjutan pembangunan daerah yang telah kita laksanakan pada 5 tahun sebelumnya," ujarnya. 

Harapan stakeholders terhadap prioritas dan sasaran pembangunan pada tahun yang direncanakan, hasilnya dirumuskan dalam program/kegiatan yang akan menjadi pedoman dalam penyusunan rancangan Renja Perangkat Daerah tahun anggaran 2023.


Share:
Komentar

Berita Terkini