Pemda Halteng Lakukan Konsultasi Publik RKPD Tahun 2023

Editor: Admin
Sumber Instimewa

Weda- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Tengah (Halteng) melakukan konsultasi publik terkait dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di tahun 2023.

Menurut Kepala Bapeda Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) Salim Kamaluddin kepada Wartawan mengatakan, terkait dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) itu sebagaimana intruksi mendagri tahun 2022 itu bagi daerah yang ahir masa jabatannya di 2022 itu menyusun dokumen Rencana Pembangunan Daerah (RPD) untuk dokumen RKPD 2023, 2024,2025 sampai 2026 saat ini. 

"Karna disitu ada isarat pejabat atau karateker di daerah AMJnya di 2022 itu tidak bisa membuat dokumen-dokumen kebijakan baru. Ungkap Kapala Bapeda Halteng Salim Kamaludin kepada Wartawan. Selasa, (15/03/22) 

Sehingga didalam penyusunan RKPD 2023 itu merujuk ke Rencan Pembangunan Daerah (RPD) yang sesuai dengan intruksi mendagri yang masi menggunakan pendekatan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) lama yang misi dari program-program kebijakan yang belum tuntas itu di pindahkan secara otomatis. 

Lanjutnya, sehingga setelah rumusan dokumen RPD yang telah disiapkan itu untuk menyusun program prioritas kebijakan dan sasaran program.

Dan itu sudah di selaraskan melalui Forum Konsultasi Tema Pembangunan Daerah tahun 2023 yang di pimpin langsung oleh pa Bupati Halteng Drs. Edi Langkara, MH yang bertempat di ruangan rapat Bupati dan di hadiri oleh seluruh pimpinan OPD untuk mendapatkan saran serta mendapatkan persetujuan dari kepala daerah dan wakil kepala daerah.

"Karna memang dokumen definisi penyusunan perencanaan pembangunan daerah itu definisi nya adalah harus merujuk pada program-program nasional supaya bisa tercover dalam program daerah, kemudian program daerah provinsi itu juga harus tercover dan ini kemarin sudah di padukan sehingga lahirlah  pembangunan daerah yang di berinama pembangunan infrastruktur dan ekonomi menuju daya saing daerah," jelasnya. 

Dan rencananya dalam minggu ini akan melakukan muserembang tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan-masukan dari OPD kecamatan yang akan di hadiri oleh OPD-OPD bersangkutan untuk menjadi dokumen usulan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di masing-masing OPD dalam materi musrembang kabupaten dan forum organisasi OPD untuk di sepakati sebagai program di tahun 2023 nanti. (Red/tim) 

Share:
Komentar

Berita Terkini