PTSL Gratis, Kakan BPN Minsel: Jika ada Biaya, itu Sesuai SKB 3 Menteri

Editor: Admin
Kepala Kantah BPN Minsel Deany Keintjem, A.P.tnh., (foto/ist)

MINSEL
- Program PTSL (Pendaftaran tanah sistematis lengkap), lagi gencar-gencarnya di sosialisasikan oleh Kantah BPN Minsel. selain sosialisasi, BPN juga saat ini telah melakukan pengukuran bidang tanah dibeberapa desa yang masuk program PTSL tahun 2022.

Tahun ini, kantah BPN minsel menargetkan untuk PTSL ada 3.250 bidang dan lintas sektor sebanyak 50 bidang serta redistribusi tanah sebanyak 110 bidang untuk disertifikatkan.

PTSL yang notebene gratis, dimana semua biaya di tanggung pemerintah. apabila dalam kelengkapan berkas serta pemasangan patok batas tanah, masyarakat di haruskan membayar, maka hal itu sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri.

"PTSL di BPN itu gratis. tapi kalau ada di desa panitianya atau pemerintah di desa yang menerapkan tarif ke masyarakat untuk program PTSL, maka itu sudah sesuai regulasi SKB 3 menteri," kata Kepala kantah BPN minsel Deany Keintjem usai acara penyerahan sertifikat di desa ongkaw II, Selasa (22/03).

Diapun menjelaskan, bahwa SKB 3 menteri tersebut sudah didalamnya ada Menteri ATR/BPN, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

"Sesuai SKB 3 menteri, wilayah sulut standarlisasi biaya PTSL nya tidak lebih Rp.350.000. nah biaya ini biasanya dikelola oleh desa dan panitia yang ada. Bukan dikelola oleh BPN. Maka tidak ada masalah dalam hal ini, karna regulasinya jelas," tambah Keintjem.

Pada diktum ketujuh, SKB 3 menteri disebutkan mengenai jasa dalam pengurus sertifikat tanah yang dibagi kedalam lima kategori.

Kategori Nama Provinsi Biaya Jasa;
1. Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat ialah, Rp 450.000.

2. Riau, Bangka Belitung, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat ialah, Rp 350.000.

3. Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Aceh, Sumatera Barat, Kalimantan Timur ialah, Rp 250.000.

4. Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Kalimantan Selatan ialah, Rp 200.000.

5.Jawa dan Bali ialah, Rp 150.000. (Tim)
Share:
Komentar

Berita Terkini