Sebanyak 97 KPM Desa Maitara Tengah Terimah BLT

Editor: Admin
Foto bersama

TIDORE - Guna untuk pemulihkan perekonomian masyarakat, pasca pandemi Covid-19, sebanyak 97 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Maitara Tengah, Kecamatan Tidore Utara, menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemerintah Desa Maitara Tengah. 

Bantuan tersebut diberikan secara langsung oleh Kepala Desa Maitara Tengah, Muchlis Malagapi, yang berpusat di Aula Kantor Desa Maitara Tengah, Rabu (23/03/22) 

Muchlis Malaapi dalam sambutanya menyampaikan, Bantuan ini bersumber dari Dana Desa (DD) yang diperuntukan untuk warga kurang mampu, hanya saja, jika terdapat warga yang sudah menerima bantuan sosial berupa Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) maka tidak lagi menerima BLT Dana Desa.

"Jumlah Kepala Keluarga (KK) di Maitara Tengah itu sebanyak 140 KK lebih, dan yang menerima BLT ini sebanyak 97, belum lagi ditambah dengan warga yang menerima bantuan sosial lainnya, itu artinya, di Maitara Tengah ini, sudah 90 persen lebih masyarakat yang tersentuh dari bantuan pemerintah tanpa adanya pilih kasih," ungkapnya 

Muchlis yang juga merupakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPC Apdesi) Kota Tidore Kepulauan ini, menambahkan, terkait dengan alokasi BLT di tahun 2022, itu sebesar 40 Persen dari jumlah Dana Desa, hal itu merujuk kepada Peraturan Presiden Republik Indonesia, Nomor : 104 Tahun 2021, Tentang Rincian Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara Tahun 2022.

Oleh karena itu, dengan melihat besaran DD yang ada di Desa Maitara Tengah senilai Rp. 800 Juta lebih, maka alokasi anggaran untuk BLT dalam satu tahun, itu senilai Rp. 300 Juta Lebih, dana ini nantinya akan diberikan kepada 97 KPM yang ada di Desa Maitara Tengah setiap bulan sekali, untuk 1 KPM, itu akan diberikan senilai Rp. 300 Ribu, dan jika satu tahun, maka 1 KPM akan menerima uang tunai dari BLT Dana Desa, senilai Rp. 3.600.000.

"BLT ini diberikan perbulan, itu senilai 300 Ribu untuk 1 KPM, namun karena Dana Desa baru dicairkan pada bulan ke tiga, sehingga tahap pertama kami lakukan penyaluran untuk tiga bulan sekali, sehingga mereka menerima senilai Rp. 900 Ribu, selanjutnya untuk tahap berikut kami akan upayakan diberikan per bulan," tambahnya. 

Muchlis berharap, dengan adanya bantuan tersebut, masyarakat Di Desa Maitara Tengah dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, akibat pandemi Covid-19.

Selain dari itu, untuk memajukan Desa Maitara Tengah, agar bisa sejajar dengan Desa-Desa berkembang lainnya, yang ada di Republik Indonesia, Muchlis mengajak kepada seluruh warga masyarakat di Desa Maitara Tengah, agar bisa bersatu untuk mendukung program Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Desa.

Selalu menjaga keharmonisan dan kekompakan di tengah-tengah masyarakat, tanpa harus saling menjatuhkan antara satu dengan yang lain. 

"Kita tidak perlu saling memfitnah, karena itu akan menghambat proses pembangunan dan kemajuan di Desa Maitara Tengah, saat ini yang harus kita lakukan, adalah bagaimana memanfaatkan potensi desa untuk kemajuan Desa dan Kesejahteraan Masyarakat, mengingat banyak sekali potensi di Desa Maitara Tengah yang perlu dikembangkan, salah satunya adalah potensi Wisata," pungkasnya. 

Sekedar diketahui, penyaluran BLT Dana Desa di Maitara Tengah, juga dihadiri oleh Pendamping Desa, yakni Rosita dan Miftah, Pendamping Lokal Desa se Pulau Maitara.(Aidar).

Share:
Komentar

Berita Terkini