Tumbangkan Bangka Belitung, Persikota Tidore Melaju Ke Babak 16 Besar

Editor: Admin
Wawali Tikep saat memberi motivasi kepada tim persikota. 

TIDORE -Tim Persikota Tidore kembali menumbangkan tim sepak bola dari bangka belitung dengan skor akhir 1-0 pada piala soeratin U-17 yang di selenggarakan di lapangan bola brigif malang Jawa Timur.

Dengan skor yang di raih ini akhirnya tim Persikota Tidore melaju ke babak 16 besar sebagai runner up grup F bersama Yogyakarta yang menjadi juara grup F.

Pada Kick Off babak pertama, kiper Babel dihadiahi kartu merah di menit ke-2 setelah menyentuh bola di luar kotak 16. Kesalahan itu melahirkan tendangan bebas di luar kotak penalti bagi Persikota yang dieksekusi oleh pemain nomor 5. Hanya saja, peluang itu gagal dimanfaatkan karena bola melambung tinggi diatas mistar gawang.

Sebenarnya, pada menit-menit awal permainan, Persikota diunggulkan karena memiliki skuad yang lengkap ketimbang Bangka Belitung yang hanya bermain dengan 10 orang setelah penjaga gawang mereka diusir oleh wasit dengan memberikan kartu merah. Kondisi itu tidak berlangsung lama karena di menit ke-33 salah satu pemain Persikota, Muhammad Gunawan diberikan kartu merah oleh wasit setelah melakukan tekel keras terhadap pemain Babel.

Belum ada gol yang tercipta oleh kedua tim hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, tim yang dimanajeri oleh Wakil Wali Kota, Muhammad Sinen itu langsung melancarkan serangan secara intens. Benteng pertahanan Bangka Belitung dibuat tidak berdaya menghadapi ritme permainan yang dimainkan oleh anak-anak Persikota.

Gol baru bisa tercipta di menit ke-13 babak kedua. Gol tunggal yang sekaligus membawa Laskar Nuku melaju ke putaran selanjutnya itu diciptakan oleh pemain nomor punggung 20 atas nama Sandi Abubakar alias Pablo setelah memanfaatkan umpan silang dari Abdul Gani Darmawan alias Jojo.

Permainan 2x40 menit itu akhirnya dimenangkan oleh tim Laskar Nuku setelah anak-anak Bangka Belitung gagal menyamakan kedudukan hingga wasit meniup peluit panjang pertanda pertandingan babak kedua selesai.

Head Coach Persikota Tidore, Hasan Soleman mengatakan, permainan melawan Bangka Belitung adalah laga penentuan untuk melaju ke babak selanjutnya. Dalam laga itu, tim Laskar Nuku tampil menggunakan skema 4-2-1-3.

Toyo, sapaan Hasan Soleman menuturkan, mental para pemain Laskar Nuku mulai terbentuk. Itu dilihat dari laga kedua dan ketiga. Apalagi, faktor lapangan juga sangat mendukung, karena permainan laga pertama itu dilakukan di lapangan yang tidak terlalu besar ukurannya. 

"Kalau di lapangan tadi itu lapangan yang memang ukuran standar nasional," ungkapnya.

Ia juga menilai, stamina dan performa para pemain Persikota dalam laga ketiga menjamu Babel tersebut dalam kondisi yang baik. Bahkan, kekompakan para pemain juga mulai terjaga dari awal hingga akhir pertandingan. Hasilnya, dapat membawa Persikota melaju ke babak 16 besar.

"Tapi tetap kami akan lakukan evaluasi untuk setiap kali pertandingan. Yang akan dievaluasi itu hanya tentang soal komunikasi dan finishing-finishing akhir dalam eksekusi bola," papar Toyo.

Usai memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Persikota akan kembali bermain kontra Banten pada Senin awal pekan depan. Permainan itu akan dimulai pada pukul 07.30 WIB.

"Di 16 ini sistem gugur," tandas Toyo. (Aidar)

Share:
Komentar

Berita Terkini