Perdana! Pemkab Minsel Gelar Sholat Ied di Lapangan Kantor Bupati Minsel

Editor: Admin
Yusra Alhabsy (Ketua GP Ansor Sulut) dan Franky Donny Wongkar (Bupati Minsel)
MINSEL- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) berencana menggelar Sholat Idul Fitri (Ied) yang rencana akan dilaksanakan di lapangan Kantor Bupati Minsel.

Perayaan sholat ied di lapangan kantor Bupati Minsel ini, diketahui pertama kali dilakukan oleh Pemkab Minsel.

Hal ini kemudian mendapat apresiasi dari Ketua GP Ansor Sulawesi Utara (Sulut), Yusra Alhabsy. yang menurut Yusra, ini patut diapresiasi.

"Ini adalah langkah positif yang di ambil oleh Pemkab Minsel. Dengan dilaksanakan sholat ied di Pemkab, tentu akan menambah kuatnya hubungan persaudaraan antar umat beragama yang berada di Minsel," Ucap Yusra.

Lanjutnya, umat Islam di Minsel tentu harus bersyukur ada pemerintah yang begitu mengutamakan agama sebagai kesenjangan sosial.

"Pelaksanaan sholat ied ini, adalah yang pertama kali dilaksanakan di lapangan kantor Bupati Minsel. Ini patut dicontohi didaerah lain, sebagai salah satu bentuk toleransi antar umat beragama, yang kemudian pemerintah daerah sendiri sebagai motor pengerak terlaksananya perayaan sholat ied tersebut," tambah Yusra.

Bupati Minahasa Selatan, Franky Donny Wongkar mengatakan bahwa pelaksanaan sholat ied di pemkab, setelah adanya permintaan dari umat muslim di Minsel.

"Untuk sholat ied, biasanya setiap tahun dilaksanakan di halaman Polres Minsel. beberapa tahun kemarin, pelaksanaan sholat ied belum bisa dilaksanakan berjamaah, sesuai dengan arahan pemerintah pusat. Karna tingginya angka Covid-19 di Minsel. Kali ini, sudah bisa dilaksanakan secara berjamaah dan sesuai permintaan umat Muslim di Minsel, maka sholat ied kami akan laksanakan di lapangan kantor Bupati," jelas FDW, panggilan akrab Bupati Minsel.

Dirinya menambahkankan, bahwa pengamanan prosesi sholat led nanti, akan dilibatkan oleh TNI-Polri serta beberapa Ormas Kristen yang ada.

"Nanti perayaan sholat ied ini, tentu akan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan. Juga nantinya selain TNI-Polri, ada beberapa Ormas Kristen yang ikut membantu berjalannya prosesi sholat ied," tambah FDW.

Hal ini menurut Bupati, adalah satu bentuk Pemkab Minsel memperkuat tali silaturahmi antar umat beragama.

"Kita tau bersama, bahwa daerah Minsel khusunya kuat erat hubungan antar umat beragama. Olehnya, digelar sholat ied di pemkab Minsel ini, sebagai bentuk lebih memperkokoh lagi toleransi antar umat beragama disini. Himbauan saya, mari kita sukseskan perayaan sholat ied ini. Dengan saling menjaga, mencegah dari segala bentuk hal-hal yang akan merusak hubungan antar umat beragama di tanah Minahasa Selatan ini," harap Bupati. (Tim)
Share:
Komentar

Berita Terkini