Tradisi Sambut Bulan Ramadhan, Ratusan Masyarakat Desa Sapa Pawai Obor

Editor: Admin


Perbesar
Perbesarpenghuni


Antusias Masyarakat Desa Sapa Ikut Pawai Obor

Antusias Masyarakat Desa Sapa ikut Pawai Obor

MINSEL- Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan 1 Ramadhan 1443 H/2022 M jatuh pada hari Minggu (3/4/2022). Pengumuman diputuskan melalui Sidang Isbat pada Jumat (1/4/2022). 

Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan 1443 H tahun 2022. di Desa Sapa, Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) misalnya, ratusan warga menyambut ramadhan dengan menggelar pawai obor keliling kampung.

Antusias warga Desa Sapa begitu tampak saat mengikuti kegiatan pawai obor keliling kampung. Tak hanya anak anak, orang dewasa hingga ibu ibu rumah tanggapun tidak mau ketinggalan mengikuti acara pawai obor dalam menyambut bulan suci ramadhan.

"Ini sudah menjadi kebiasaan atau tradisi disini menyambut bulan Ramadhan. di tahun-tahun kemarin, sempat di tiadakan. lantaran Covid-19 dan pemerintah melarang untuk berkerumun. Ya Alhamdulillah tahun ini tradisi tahunan ini bisa kami laksanakan," kata Andra Todano koordinator Pelaksana pawai obor, Sabtu (02/04).

Selain pawai obor, biasanya pada bulan puasa masyarakat disana melakukan kegiatan 'Gendang sahur' bertujuan membangunkan orang untuk bersantap sahur dengan cara yang unik. Yaitu mengunakan alat musik sambil menyanyikan lagu religi.

Hal ini biasanya dilakukan oleh sekelompok remaja/pemuda masjid yang sudah ada dari tahun ke tahun di bulan Ramadhan. (Tim)

Share:
Komentar

Berita Terkini