45 Siswa SMA Bina Informatika Kota Ternate Ikut Asesmen Nasional

Editor: Admin
Susanti Noho | Kepala SMA Bina Informatika Kota Ternate

Ternate,nusantaratimur.com- Sejak Tahun 2021 lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (MendikbudTistek) Nadiem Makarim resmi mengganti ujian nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional (AN).

Asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) Tahun 2022 merupakann program penilaian terhadap mutu sekolah di setiap jenjang pendidikan.

Sementara Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang di selenggarakan Kemindikbud ristek. Untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, output pembelajaran diseluruh satuan pendidikan.

Kepala Sekolah SMA Bina Informatika Kota Ternate, Susanti Noho menjelaskan bahwa pelaksanaan asesmen nasional berbasis Komputer (ANBK) yang berlangsung selama dua hari dengan di ikuti 45 siswa, yang ikut disertakan asesmen nasional sekolah ini berjalan baik dan tertib.

Meski begitu, Susanti mengatakan tidak semua siswa yang diikutkan dalam  asesmen nasional, sebab dari 45 orang siswa yang mengikuti hanya sebagai  sampling.

“ Karena di dalam proses asesmen nasional berbasis komputer diantaranya ada empat kompetensi yakni, literasi membaca, minerasi yaitu matematika, sub belajar dan karakter siswa,” jelasnya kepada media ini, Senin (29/8).

Kendati demikian, tutur Susanti, asesmen nasional tidak menggantikan peran ujian nasional dalam mengevaluasi prestasi hasil belajar siswa secara individual. Melainkan menggantikan peran ujian nasional sebagai sumber informasi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan pada keseluruhannya, jelasnya. (che/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini