Kanwil Kemenag Malut Gelar KSM Tingkat Provinsi

Editor: Admin
Foto bersama Kakanwil Kemenag Malut, KH. Sarbin Sehe, para pejabat eselon Kanwil Kemenag Malut, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota, Kasie Pendis serta para siswa madrasah yang akan berkompetisi.

Maluku Utara, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara resmi menggelar Kompetisi Sains Madrasah Kementerian Agama tingkat provinsi, kegiatan yang di gelar pada (09/09/22) di Asrama Haji Maluku Utara itu di harapkan memberikan wadah bagi siswa madrasah untuk  berkompetisi secara akademik, dan mengembangkan bakat minat serta potensi.

Kakanwil Kemenag Malut, KH. Sarbin Sehe menyampaikan kompetisi dalam dunia Pendidikan adalah sangat penting, karena akan meningkatkan kemampuan dan daya kreatifitas siswa. 

"Kompetisi yang sehat  akan meningkatkan mutu pendidikan madrasah, karena siswa siswi akan terbiasa  siap menghadapi tantangan zaman dan memaksimalkan ikhtiar yang diserta do’a, kami yakin siswa siswi madrasah Maluku Utara  akan dapat bersaing  dan berkompetsi secara sehat menjadi yang terbaik," ujar Mantan Ketua PWNU Malut itu.

Lanjut, kiai Sarbin mengatakan kegiatan ini berguna meningkatkan iklim kompetisi di kalangan siswa madrasah juga perlu dikembangkan kegiatan-kegiatan yang dapat mengakomodir siswa untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki.

"Kompetisi Sains Madrasah merupakan salah satu bentuk ikhtiar Kementerian Agama dalam memberikan wadah bagi siswa madrasah untuk  berkompetisi secara akademik,  mengembangkan bakat minat dan potensi masing-masing peserta didik," cetusnya.

Ia berharap KSM menjadi ikon kebanggaan madrasah, menghadirkan marwah madrasah, sehingga masyarakat mengetahui kualitas madrasah benar-benar dapat dirasakan kehadirannya oleh masyarakat.

"Selamat berjuang kepada para duta KSM  yang terpilih untuk melanjutkan ke Tingkat Provinsi Maluku Utara Tahun 2022, madrasah Mandiri berprestasi bangkitkan negeri," harapnya optimis.

Foto para peserta lomba

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Islam Kanwil Kemenag provinsi Maluku Utara, H. Abdurahman M. Ali kepada media ini mengatakan pelaksanaan KSM tahun ini dilaksanakan secara Luring.

"Kalau sebelumnya kita laksanakan secara daring mengingat waktu itu pandemi covid-19 mengancam begitu kuat, namun sekarang kita sudah masuk di era new normal makanya kegiatan KSM kita lakukan secara luring," ungkapnya.

Lanjutnya mengatakan Kegiatan KSM Tingkat Provinsi diikuti oleh  peserta dari Madrasah Aliyah Negeri, Madrasah Tsanawiyah, dan madrasah Ibtidaiyah dengan masing-masing mata lomba.

"Ada 328 peserta dengan rincian, 180 peserta MAN dan 90 Peserta MTs serta 58 peserta pada tingkat MI," sebut Abdurahman

Ia berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kompetensi akademik dan non akademik yang dan dapat membawa harum nama baik sekolah, serta daerah di tingkat Nasional

"Peserta yang lolos akan diikutkan pada Tingkat Nasional sebanyak 11 orang," tutup Abdurahman. (Red/tim)

Kepala Bidang Pendidikan Islam Kanwil Kemenag provinsi Maluku Utara, H. Abdurahman M. Ali saat sambutan.


Share:
Komentar

Berita Terkini