Kolaborasi PMII DEV & LPEK PB PMII

Editor: Admin
Foto istimewa 

Jakarta-Lembaga Pengembangan IT Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) atau PMII DEV menyelenggarakan kegiatan rutin Movement in Tech (MiT). Acara sharing session lembaga PMII Dev. Acara ini diselenggarakan setiap hari jumat pukul 19.00 WIB, jelas Direktur PMII DEV PB PMII Ircham Ali. Lanjut Ircham, dalam Movement in Tech kita akan mendapatkan topik pembicaraan yang sangat beragam, tidak melulu soal teknologi tapi apapun itu selama bisa memberikan manfaat kepada pendengar dan pembicara itu sendiri tentunya. 04/11/2022

Pembicara Movement in Tech malam ini misalnya, kita menghadirkan Direktur Lembaga Profesi Ekonomi dan Keuangan (LPEK) PB PMII Sahabat Muhammad Aras Prabowo dan Dayat Hidayat yang profesional di bidang IT. Materi yang diulas adalah digital accounting oleh Aras dan big data serta data mining oleh Dayat. 

Direktur LPEK dalam paparannya menjelaskan soal digital dan komputerisasi akuntansi. "Perkembangan akuntansi tidak lepas dari pengaruh transformasi teknologi informasi, saat ini hampir seluruh korporasi yang mapan telah menggunakan komputerisasi akuntansi dalam pengelolaan keuangannya" jelas Aras. 

Transformasi digital accounting memudahkan dan mengefisienkan sistem pelaporan keuangan entitas dalam bentuk elektronik. Namun demikian, bukan berarti inovasi tersebut tidak memiliki kelemahan, khususnya soal keamanan data, papar Aras. 

Sementara Dayat Hidayat menjelaskan soal big data. Dalam paparannya bahwa digital accounting  bagian big data. "Digital accounting yang disampaikan oleh Sahabat Aras adalah bagian dari big data berdasarkan informasi keuangan perusahaan tertentu yang diolah melalui software akuntansi" jelasnya. 

Kegiatan berlangsung melalui zoom meeting mulai pukul 19.00 s.d 20.30 malam sabtu 04 November 2022. Turut hadir puluhan kader PMII dari berbagai daerah, misalnya kader PMII asal Kota Palu Sulawesi Tengah dan PMII Buton Sulawesi Tenggara. 

Menurut Ircham, salah satu tujuan utama MiT yakni sebagai sarana untuk berbagi dan bercerita, juga sebagai improvement skill publik speaking pembicara dan moderator. Sehingga diperlukan konsep acara yang bisa mengakomodir tujuan di atas tapi dikemas dengan santai. Kedepannya PMII DEV bisa berkolaborasi dengan banyak lembaga internal maupun eksternal seperti LPEK PB PMII.

Share:
Komentar

Berita Terkini