Dinkes Sula Bangun RS, Ini Biayanya

Editor: Admin
Kepala Dinas Kesehatan, Suryati Abdullah,S.Si

SANANA- Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Provinsi Maluku Utara (Malut) dapat kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik sebesar Rp. 65 miliar untuk membangun Rumah Sakit (RS) Pratama tipe D di Pulau Mangoli, Kecamatan Mangoli Barat (Malbar).

Kepala Dinas Kesehatan, Suryati Abdullah,S.Si ketika di konfirmasi Nusantaratimur.com, Senin (12/12/22) mengatakan bahwa, Tahun 2023 Dinkes Kepsul dapat kucuran dana DAK fisik dari Kemenkes sebesar Rp.65 milyar untuk membangun Rumah Sakit (RS) Pratama dengan Lokasi pembangunan berada di antara Desa Lekokadai dan Desa Dofa Ibu kota Kecamatan Mangoli Barat.

"Kita dapat pembangunan RS Pratama ini lengkap dengan isinya, yakni fisik bangunan nya, alkes nya dan sarana prasarana nya, pokonya siap pakai. Jadi saat ini Dinkes fokus disitu. Kita kawal bersama dan pantau bersama-sama semoga berjalan dengan lancar,"ucap Suryati.

Lanjut Kadinkes, perjuangan Pemkab Kepsul melalui Dinas Kesehatan untuk membangun Rumah Sakit itu, karena mengingat warga Kecamatan Mangoli Utara dan warga Kecamatan Mangoli Barat mereka sangat sulit mengakses pelayanan kesehatan karena akses menuju ke Sanana ibu kota Kabupaten itu sangat jauh.

"Jadi kalau RS Pratama sudah dibangun disitu berarti warga dua Kecamatan itu bisa dengan muda mendapat akses pelayanan rujukan dari Puskesmas ke RS Pratama tanpa harus ke RSUD di ibu kota Kabupaten,"jelas Kadinkes.

Suryati mengatakan, selain mempermudah warga dua Kecamatan tersebut untuk dapat mengakses pelayanan kesehatan dengan muda, kehadiran RS Pratama ini juga menjadi peluang bagi teman-teman Tenaga Kesehatan (Nakes).

"Nakes yang mungkin belum terakomodir maka akan bisa terakomodir di RS Pratama, karena RS ini sudah pasti dia butuh tenaga kesehatan yang lumayan banyak,"ujarnya.

Tambah dia, pokonya bulan februari-maret sudah akan dikerjakan karena target pembangunan nya itu tuntas dalam 1 tahun, Anggarannya di hitung 1 tahun berjalan karena pembangunannya tidak bertahap.

"Anggaran 65 milyar itu khusus untuk membangun RS Pratama, itu diluar dari kegiatan-kegiatan fisik yang lain. Kalau keseluruhan DAK yang di kelola Dinkes pada tahun anggaran 2023 itu berkisar 85-95 Milyar," sebutnya.(Sdl).

Share:
Komentar

Berita Terkini