Polemik DBH, Ikbal Djabid Kunjungi Kanwil DJPj Kemenkue RI

Editor: Admin
Senator Dewan Perwakilan Daerah Ikbal Hi. Djabid lakukan Kunjungan kerja di Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara, di Jl. Jati Lurus No. 254, Kelurahan Jati, Kota Ternate. 

Ternate- Senator Dewan Perwakilan Daerah Ikbal Hi. Djabid lakukan Kunjungan kerja di Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara, di Jl. Jati Lurus No. 254, Kelurahan Jati, Kota Ternate. Hal ini di Lakukan dalam rangka penyerapan aspirasi terkait Pengawasan atas pelaksanaan UU Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah daerah dan Pemerintah Pusat.

Ikbal, yang bertemu langsung dengan Adnan Wimbyarto Kepala Kantor Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara mengatakan Dalam Undang-Undang HKPD ini adalah suatu sistem penyelenggaraan keuangan yang mengatur hak dan kewajiban keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintahan daerah yang dilaksanakan secara adil, transparan, akuntabel, dan selaras sebagaimana dalam undang-undang.

"Dalam Komite IV salah satu tugas kerjanya bagaimana melakukan mengawasi atas pelaksanaan UU HKPD ini, regulasi ini penting dalam menjaga sumber Penerimaan Daerah berupa Pajak dan Retribusi, pengelolaan TKD, pengelolaan Belanja Daerah, pemberian kewenangan untuk melakukan Pembiayaan Daerah dan pelaksanaan sinergi kebijakan fiskal nasional," sebutnya.

Senator Komite IV yang membidangi APBN, pajak dan pungutan lain, perimbangan keuangan pusat dan daerah, lembaga keuangan dan perbankan, koperasi, UMKM, statistik, BUMN, investasi, dan penanaman modal ini berharap pemerintah daerah segera menyesuaikan dengan UU baru ini. 

Ia juga bilang terkait dengan Dana Bagi hasil (DBH), ini sudah jelas didalam UU HKPD. Masalahnya Pemprov harus selalu mengkomunikasikan ke Kemenkue agar segera diberikan kepada daerah yang belum mendapatkan. 

"Jangan juga menunggu pemda Kabupaten dan Kota berteriak DBH baru Pemprov mulai menyikapi, karena keterlambatan DBH ini juga sangat berpengaruh pembangunan daerah yang sudah dirancang" tandasnya.

Ia juga berharap serap Aspirasi seperti ini akan terus kita lakukan begitu juga nanti ada rapat kerja dengan Kemenkue RI saya akan tanyakan masalah keterlambatan Bagi Hasil ini. (Red/tim)

Share:
Komentar

Berita Terkini